Medan  

Prof Dr Hj Nurhayati MAg: Media Berperan Strategis Bagi Peningkatan Kualitas Pendidikan UIN SU

Prof Dr Hj Nurhayati MAg: Media Berperan Strategis Bagi Peningkatan Kualitas Pendidikan UIN SU
Rektor UIN SU Prof Dr Hj Nurhayati MAg bersama pimpinan lainnya saat kegiatan silaturahmi dan buka puasa bersama awak media. (Foto: AS)

Medan-Skalanews | Rektor Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN SU) Medan Prof Dr Hj Nurhayati, MAg mengatakan, bahwa media berperan penting dan strategis bagi kemajuan bidang pendidikan di UIN SU Medan, sebab lewat pemberitaan yang positif atas capaian prestasi akademik maupun nonakademik baik dosen dan mahasiswa UIN SU, masyarakat mengetahui melalui pemberitaan tersebut.

“UIN SU bisa besar karena kontribusi media dalam menyampaikan informasi tentang capaian warga civitas akademika UIN SU, baik di bidang akademik, nonakademik sangat penting, agar publik mengetahui seluruh capaian tersebut, tentu lewat pemberitaan,” ujar Rektor UIN SU Prof Dr Hj Nurhayati MAg kepada insan Pers mitra UIN SU saat kegiatan Silaturahmi sekaligus berbuka puasa bersama Rektor dan insan Pers, berlangsung Rabu (3/4/2024) di Hotel Madani Medan.

Lebih jauh disampaikan Prof Nurhayati, bahwa telah banyak perubahan yang dikerjakan dengan berbagai capaian prestasi yang dilaksanakan warga kampus, baik dosen dan mahasiswa itu semua tidak luput dari bidikan jurnalis yang tersajikan lewat berita.

“Lewat pemberitaan yang konstruktif ini, alhamdulillah UIN SU sudah meraih prestasi akademik dan sudah memiliki 3 Prodi unggulan yaitu Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan Agama Islam dan Ekonomi Syariah, dan khusus di Fakultas Sains dan Teknologi (Sainstek) telah meningkat akreditasi menjadi B, dan tentu inilah yang ditunggu, akhirnya Fakultas Sainstek mampu menaikan akreditasi dan ini sesuatu yang membanggakan, dengan apa capaian prestasi ini diketahui masyarakat, tentunya lewat media ini tersampaikan secara baik kepada publik,” ujar Rektor perempuan pertama yang menakhodai UIN SU.

Selanjutnya Rektor berharap, agar pertemuan seperti ini dengan awak media dapat terus ditingkatkan secara periodik, sehingga seluruh capaian akademik di 8 Fakultas dan 1 Pascasarjana UIN SU dapat tersiar secara baik.

“Kami akan jadwalkan agenda rutin dengan awak media mitra UIN SU secara berkala, baik lewat forum coffee morning, gathering dan sebagainya, sebagai wadah silaturahim sekaligus bertukar informasi untuk kemajuan UIN SU masa mendatang.

Dalam kegiatan silaturahmi sekaligus berbuka puasa bersama media, Rektor didampingi Kepala Biro AAKK Drs H. Ibnu Sa’dan, MPd, Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan Prof Dr H Katimin, MA, Ketua bidang kerjasama UIN SU Subhan, Kepala Sub Koordinasi Humas UIN SU Dra Yunni Salma Nasution, MA.

Sementara itu Kepala Biro Administrasi, Akademik, Kemahasiswaan dan Kerjasama (AAKK) UIN SU Drs H. Ibnu Sa’dan, MPd menyampaikan rasa terimakasih atas kerjasama dengan para jurnalis mitra UIN SU, yang selalu menghadirkan informasi positif tentang kemajuan dan capaian prestasi yang diraih UIN SU selama ini.

“Terimakasih atas dukungan rekan-rekan media lewat pemberitaan yang positif, sehingga UIN SU terus tumbuh dan berkembang dengan berbagai capaian prestasi, dan kita berharap semangat kolaborasi ini dapat ditingkatkan ke depannya,” ujar Kepala Biro yang energik ini.

Sebelumnya Sugiatmo mewakili para jurnalis yang bertugas meliput kegiatan di Kampus UIN SU berharap, ke depannya kegiatan dan kerjasama ini diperkuat, sehingga soliditas antara awak media dan Universitas terjalin semakin erat.

“Kami berharap silaturahmi ini dapat diperkuat, bagaimana pun UIN SU merupakan aset umat Islam yang bertugas mencetak sarjana yang islami dan cerdas secara intelektual, sehingga berbagai sarana dan kritik hendaknya menjadi vitamin bagi warga civitas akademika UIN SU, agar lebih semangat berlari meraih prestasi yang lebih tinggi lagi, dan kami siap mengawal agenda tersebut,” ujar Sugiatmo memotivasi.

Kegiatan silaturahmi ini diakhiri dengan buka puasa bersama, salat magrib dan makan malam bersama. * SN-AS