Medan  

Halalbihalal Pengadilan Tinggi Medan, Prof Ansari: Idul Fitri Momentum Meningkatkan Silaturahim dan Kepedulian

Halalbihalal Pengadilan Tinggi Medan, Prof Ansari: Idul Fitri Momentum Meningkatkan Silaturahim dan Kepedulian
Prof Dr H Ansari Yamamah, MA (pakai baju batik berpeci) bersama Ketua Pengadilan Tinggi Medan. (Foto: AS)

Medan-Skalanews | Acara halalbihalal di lingkungan Pengadilan Tinggi (PT) Medan turut dihadiri Prof Dr Ansari Yamamah, MA, Ketua Pengadilan Tinggi Medan Dr H. Panusunan Harahap, MH beserta jajaran, para Ketua Pengadilan Negeri (PN) se-Sumatera Utara (Sumut), Hakim dan Panitera, Selasa (16/4/2024).

Prof Dr Ansari Yamamah, MA dalam tausiyah pada acara halalbihalal di lingkungan Pengadilan Tinggi Medan tersebut mengatakan, perayaaan Hari Raya Idul Fitri yang dirayakan umat Islam seantero jagat raya dilaksanakan dengan penuh sukacita, saling bermaafan lintas suku dan agama, semua mengucapkan maaf atas salah dan khilaf baik yang disengaja maupun tidak.

“Bulan Ramadan merupakan bulan ujian sekaligus bulan berbuat kebajikan dan peduli antarsesama, maka Idul Fitri menyempurnakan amalan lewat saling bermaafan dan penguatan silaturahim,” ujar Prof Ansari.

Baca Juga : Dr Hasrat Samosir: Jadikan Idul Fitri Momentum Merajut Silaturahim Kebangsaan

Lebih jauh disampaikan Dosen Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN SU) ini, momentum Idul Fitri memberikan energi positif bagi meningkatnya rasa kepedulian dengan terus menguatkan silaturahim, agar terbangun hubungan sosial yang semakin baik.

“Idul Fitri banyak memberikan pelajaran di samping saling memberi maaf, juga mampu membangun relasi sosial yang semakin baik, saling peduli, saling berbagi dan saling memahami, sehingga terjalin keakraban sosial di tengah masyarakat, bangsa dan negara,” sambung Founder Islam Transitif ini.

Hal lain diingatkan Prof Ansari, makna Idul Fitri harus saling menjaga dan memiliki kecerdasan sosial, sehingga menghadirkan suasana sejuk di tengah masyarakat dan tumbuh rasa kasih sayang.

“Pluralitas bangsa kita sejatinya harus tetap dirawat secara baik, sehingga persatuan kebangsaan di tengah perbedaan tidak menjadikan bangsa ini berpecah belah. Lewat momentum Idul Fitri inilah relasi sosial terbangun, mampu mengelola kecerdasan emosional, sehingga berdampak pada keutuhan bangsa dan negara kita,” ujar Datuk Pandya Wangsa ini mengingatkan.

Selanjutnya acara halalbihalal ditutup dengan saling bermaafan di antara pimpinan dan sejawat di jajaran Pengadilan Tinggi Medan. * SN-AS