Sumut  

Gubernur Sumut dan Presiden Jokowi Tinjau Harga Bahan Pokok di Pasar Brahrang Binjai

Gubernur Sumut dan Presiden Jokowi Tinjau Harga Bahan Pokok di Pasar Brahrang Binjai
Gubernur Sumut dan Presiden Jokowi Tinjau Harga Bahan Pokok di Pasar Brahrang Binjai. (Foto: Ist)

Binjai-Skalanews | Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi dan Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) meninjau Pasar Brahrang, Binjai, dan membagikan Bantuan Langsung Tunai (BLT). Keduanya tiba di pasar sekitar pukul 10.45 WIB, Jumat (25/8/2023).

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dan Presiden Jokowi beserta rombongan disambut antusias pelajar Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) hingga masyarakat.

Seketika suasana menjadi riuh sorak sorai para pelajar yang melambai-lambaikan bendera merah putih kepada Jokowi. Saat Presiden dan Gubernur Sumut turun dari mobilnya, masyarakat langsung mengerubungi mobil rombongan.

Di dalam pasar, Jokowi dan rombongan juga disambut antusias para pedagang. Edy mengatakan, tinjauan ke pasar dan pembagian BLT kepada para pedagang merupakan bentuk perhatian dari Pemerintah Pusat maupun Provinsi pada pelaku perekonomian. Selain itu, juga memastikan ketersediaan dan memantau harga bahan pokok.

“Pemerintah Provinsi dan pusat selalu memastikan ketersediaan bahan pokok dan harga harga bahan pokok selalu stabil,” kata Edy usai mendampingi Jokowi di Pasar Brahrang, Binjai.

Disampaikan juga, pedagang dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan penyokong pertumbuhan perekonomian Sumut. Karena itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut juga senantiasa memberikan perhatian pada pedagang dan UMKM.

“Pemprov Sumut pun setiap tahun memiliki anggaran untuk memberikan stimulus pada banyak sektor, salah satunya UMKM. UMKM ini kan penyokong perekonomian Sumut, saat pandemi kemarin teruji UMKM ini,” kata Edy.

Edy berharap bantuan tersebut dapat membantu para pedagang. Stimulus terus diberikan pemerintah untuk mendorong keberlangsungan para penyokong perekonomian Sumut.

“Semoga dapat membantu para pedagang terutama untuk permodalan, sehingga kestabilan para pedagang ini terus terjaga,” kata Edy.

Presiden Jokowi dalam keterangannya menyampaikan hasil tinjauannya. Menurutnya harga bahan pokok di Pasar Brahrang masih cukup baik. Ia membandingkan harga di Pulau Jawa yang berada di atas harga bahan pokok di Pasar Brahrang.

“Saya lihat harganya baik. Kayak bawang merah ada yang Rp20 ribu per kilogram, ada yang Rp22 ribu. Harganya baik, karena saya ingat di Jawa Rp24 ribu, Rp26 ribu,” kata Jokowi. * SN-MY/Ril