Medan  

Wacana Pembelajaran Tatap Muka, Disdik Medan Nyatakan Kesiapan

Wacana Pembelajaran Tatap Muka, Disdik Medan Nyatakan Kesiapan
Rekaman layar, prodram "Markobar" TVRI Sumut bersama Adlan, Kadisdik Kota Medan. Foto:Ist

MedanSkalanews :  Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Medan, terus melakukan upaya-upaya peningkatan kualitas pendidikan di saat pandemi seperti ini. Hal ini perlu dilakukan, agar seluruh rangkaian proses belajar mengajar dengan mengadopsi sistem pembelajaran daring para siswa dapat mengikuti pembelajaran. Terkait wacana Pembelajaran Tatap Muka (PTM), Kadisdik Kota Medan juga menyatakan kesiapannya.

“Kondisi pendemi covid yang masih melanda Kota Medan tidak memungkinkan Dinas Pendidikan Kota Medan melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka dan sesuai instruksi Walikota Medan, agar menunda pelaksanaan belajar tatap muka, mengingat kondisi pandemi di Kota Medan berada di level empat,” ujar Kadis Pendidikan Kota Medan Dr Adlan SPd MM saat mengisi dialog Markobar, Rabu (1/9), di TVRI Medan.

Kondisi pandemi ini, menurut Adlan bukan berarti seluruh proses pembelajaran terhenti, justru hikmah di balik peristiwa pandemi covid, terbangun semangat kebersamaan antara sekolah, guru dan orangtua siswa.

“Di balik musibah pandemi ini, ada tebersit hikmah di baliknya, terbangunnya sosial responsibility orangtua siswa atas keberlangsungan Pendidikan anak-anak mereka, sebab tugas guru sangat kompleks, disamping tugas utama mengajar dan terbentuknya kepribadian siswa lebih baik, dan para orangtua selama pendemi menjadi guru bagi anak-anak dan rumah sebagai sekolah, itulah bentuk saling mendukung bagi keberhasilan pendidikan,” ujar Doktor Pendidikan UIN Sumatera Utara ini.

Di bagian lain, sekolah juga sudah siap jika pandemi mulai berangsur turun.

“Prinsipnya kami di Dinas Pendidikan Kota Medan siap jika trend penurunan covid terus berjalan hingga menuju level tiga, dua dan seterusnya hingga Kota Medan dinyatakan terbebas dari pandemi, maka disitu pula kegiatan Pembelajaran Tatap Muka tidak lagi sekadar wacana, segera kita laksanakan,” tambah mantan Kabag Agama Kota Medan ini optimis.

Di bagian lain, pihak penyelenggara Pendidikan pun menyatakan kesiapannya, jika pemberlakuan pembelajaran tatap muka di laksanakan, tentu tetap mengacu pada aturan protokol kesehatan.

“Kami khususnya di SMP Negeri 7 Medan, sudah siap, jika pelaksanaan pembelajaran tatap muka diberlakukan, berbagai simulasi dan standar protokol kesehatan sudah jauh hari kita persiapkan untuk menyongsong pemberlakuan pendidikan tetap muka, sesuai pengarahan dari Walikota Medan dan Pendidikan Medan,” ujar Dra Irnawati MM. SN-W16