Ustaz Muhammad Rofiq: Ruginya tak Mau Bershalawat

Ustaz Muhammad Rofiq
Al Ustad Muhammad Rofiq SPdI saat diskusi kecil seusai Salat Jumat di Masjid Raya Miftahul Iman Jalan Panglima Denai Medan. Foto:SN-pakar

MedanSkalanews: Ustaz Muhammad Rofiq SPdI mengatakan, selain ibadah wajib lainnya, salah satu ibadah yang disukai Allah SWT adalah bershalawat.

Membaca Shalawat Nabi secara rutin sangat dianjurkan bagi umat muslim.  Jadi bisa disebut bagi orang yang tidak mau mengucapkan shalawat berarti sombong di Mata Tuhan.

Demikian hasil diskusi kecil dengan Ustaz Muhammad Rofiq SPdI, dalam satu kesempatan pada Jumat (16/07) siang seusai Salat Jumat di Masjid Raya Miftahul Iman, Jalan Panglima Denai Medan.

Menurut Ustaz Rofiq, Allah menganjurkan hamba-Nya untuk bershalawat kepada Rasulullah, sebagaimana disebutkan dalam firman-Nya di dalam surat Al Ahzab. “Sungguh Allah dan malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi Muhammad SAW. Wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kalian untuk nabi. Ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.”  (QS. Al-Ahzab:56).

BACA JUGA: Kusnadi Ragil Imam: Perbanyaklah Pergi ke Masjid

Manfaat dan Keutamaan

Keutamaan Shalawat Nabi dalam Hadist disebutkan,

1. Mendapatkan pahala sepuluh kali lipat

Siapa saja yang bersholawat kepadaku sekali, niscaya Allah bersholawat kepadanya sepuluh kali.” (HR. Muslim)

2. Menghapuskan 10 dosa

Siapa saja yang membaca shalawat kepadaku sekali, niscaya Allah menghapus sepuluh dosanya,”  (HR. An Nasa’i)

3. Diangkat derajatnya.

 “Siapa saja yang membaca shalawat kepadaku sekali, niscaya diangkat derajatnya sepuluh tingkatan,” (HR. An Nasa’i)

4. Allah akan membalas shalawat berkali lipat dan terbebas dari api neraka. Hal ini sesuai sabda Nabi Muhammad yang tercantum dalam kitab Lubbabul Hadist bab keempat Imam As Suyuthi.