UINSU Bangun Kantin Rp400 Juta Tanpa Plang Proyek

UINSU Bangun Kantin Rp400 Juta Tanpa Plang Proyek
UINSU Bangun Kantin Rp400 Juta Tanpa Plang Proyek. Foto: Ist

MedanSkalanews: Pembangunan kantin atau Foodcourt di dalam Kampus UINSU di Jalan Sutomo Ujung Medan, diduga tanpa melalui kajian yang jelas. Pengerjaan proyek Kantin VIP ini ditaksir menelan dana sekitar Rp400 juta bersumber dari dana Badan Layanan Umum (BLU) UIN Sumatera Utara tahun 2021.

Sejumlah sumber mengatakan, bahwa pembangunan Foodcourt di Kampus UIN Sutomo ini dianggap hanya pemborosan anggaran BLU Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU), karena dibangun tidak berdasarkan kajian bisnis yang terencana dengan baik.

“Pembangunan Kantin Foodcourt di Kampus UIN Sutomo, sepertinya tidak terlalu penting, karena di dalam kampus sendiri pun sudah ada kantin, seperti kantin mahasiswa di dekat gedung pascasarjana dan kantin mahasiswa di samping Masjid Ulul Albab,” kata OK Muhammad Efendi, alumni IAIN Sumut ini kepada Media, Jumat (19/11) di Medan.

Malah, ungkapnya, kondisi kedua kantin yang ada pun tidak terurus, selama pandemi. “Jadi sangat tidak beralasan pihak Rektorat membangun kantin baru dengan beragam sebutan, terkesan pimpinan kampus hedonis, apalagi kalau sampai sekadar mengejar target capaian anggaran akhir tahun,” katanya.

Di tambahkan Efendi, pengerjaan pembangunan kantin VIP tersebut tidak tampak terpasang papan pengumuman atau plang proyek, sebagaimana mestinya.

“Mengingat proyek ini menggunakan anggaran negara, maka sudah seharusnya pimpinan proyek memasang papan nama, agar publik mengetahui sekaligus mengawasi jalannya proyek tersebut,” katanya.

Menurutnya, aneh, ada proyek ratusan juta menggunakan anggaran negara, tapi tidak ada plang. “Kayaknya ada sesuatu yang disembunyikan sehingga publik tidak tahu bahwa di dalam Kampus ada pengerjaan proyek, justru ini berpotensi menjadi barang temuan,” ujar aktivis muda ini.

Lebih jauh disampaikan, pemanfaatan anggaran yang ada seharusnya dialokasikan pada pembenahan infrastruktur.

Hingga saat ini pembangunan Kantin Foodcourt masih terus dikerjakan, dan awak media mencoba mencari informasi kepada pimpinan proyek terkait plang proyek dan IMB belum berhasil di temui. SN-R03