Kampus  

UIN Sumut Workshop Penyusunan Instrumen SOP Kerjasama

UIN Sumut Workshop Penyusunan Instrumen SOP Kerjasama
DR Nispul Khoiri MAg saat membuka Workshop Penyusunan Instrumen SOP Kerjasama. Foto: Ist

BerastagiSkalanews: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) menggelar Workshop Penyusunan Panduan Instrumen SOP Kerjasama, 29 September s/d 01 Oktober 2021, di Berastagi Cottage Hotel.

Mewakili Rektor, Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan & Kerjasama UINSU, DR Nispul Khoiri MAg saat membuka Workshop Penyusunan Instrumen SOP Kerjasama mengajak para peserta workshop untuk serius melahirkan pikiran strategis, bersinergi melahirkan buku pedoman penting dalam bidang kerjasama.

“Panduan instrumen kerjasama menjadi kebutuhan penting sebagai aturan main dalam membangun kerjasama UINSU baik dalam negeri maupun luar negeri,” kata Nispul Khoiri.

Menurutnya, kerjasama menjadi penguatan akreditasi, networking dan pembuktian pengakuan masyarakat dan lembaga terhadap UINSU. “Tentunya kerjasama yang dibangun dengan prinsip menguntungkan, efektif, efisien dan bertukar budaya,” ujarnya.

Dikatakan, pedoman dan instrumen atau disebut  SOP (standar operasional prosedur) menstandarisasikan alur kerjasama mulai dari penjajakan, pelaksanaan, evaluasi sehingga kerjasama yang dilakukan benar-benar terukur, efektif dan berkelanjutan dalam implementasinya.

“Kita tidak hanya mengumpulkan dokumen MoU, tetapi stagnan dalam MoA. Alur pengembangan MoA harus include dalam SOP dimaksud,” kata Nispul. SN-W20