Medan  

UIN SU Laksanakan SSE UM-PTKIN 2023, Prof Nurhayati: Alhamdulillah Masuk 10 Besar Terfavorit

UIN SU Laksanakan SSE UM-PTKIN 2023, Prof Nurhayati: Alhamdulillah Masuk 10 Besar Terfavorit
Rektor UIN SU Prof Dr Nurhayati, M.Ag , Wakil Rektor I Prof Hasan Ashari, Kepala Biro AAK Drs Ibnu Sa'dan, M.Pd dan Kepala sub Humas dan Informasi UIN SU Dra. Yunni Salma Nasution, MM beserta awak media. (Foto: SN/AS)

Tuntungan-Skalanews | Pelaksanaan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) 2023 hari ini serentak di laksanakan. Sistem Seleksi Elektronik atau SSE merupakan bagian dari jalur ujian masuk Perguruan Tinggi Negeri di bawah Kementerian Agama RI.

Pelaksanaan berlangsung mulai tanggal 29, 30, 31 Mei 2023 dilanjutkan tanggal 5,6 dan 7 Juni 2023. Untuk UIN SU sendiri berlangsung mulai hari ini hingga 6 hari kerja kedepannya, di Kampus UIN SU IV Tuntungan.

BACA JUGA: Learning Good Government, Role Model Perubahan Layanan Birokrasi

Ketua Panitia Lokal Prof Dr Hasan Ashari MA mengatakan, bahwa pada Tahun Akademik 2023/2024 penerimaan mahasiswa baru PTKIN dilakukan dalam lima jalur masuk yaitu SPAN PTKIN, UM-PTKIN, SNBP, SNBT dan terakhir jalur Mandiri.

“Jumlah peserta SSE UM-PTKIN yang mengikuti ujian di UIN SU sebanyak 4.230 , dibagi dalam 16 sesi dan dalam setiap harinya diselesaikan 3 sesi, selama 6 hari kerja dilaksanakan seluruhnya di Kampus IV UIN SU Tuntungan”, ujar Prof Hasan Ashari, Senin (29/5).

Lebih jauh dikatakan Prof Hasan Ashari, pada tanggal 23 Juni hasil SSE UM PTKIN, di umumkan, sementara kuota UIN SU dari jalur UM PTKIN sebanyak 2.419 orang.

Sementara itu Rektor UIN SU Prof Dr Nurhayati, M.Ag menyatakan, bahwa civitas akademika UIN SU patut bersyukur sekaligus berbangga dengan capaian UIN SU saat ini, perkembangan kemajuan UIN SU terus menjadi fokus utama bagi perkembangan ke depannya.

“Dari peminat yang mendaftar, kita bersyukur bahwa UIN SU masuk dalam daftar 10 PTKIN favorit, pilihan calon mahasiswa baru, dimana UIN SU berada diurutan ke-enam peminat tertinggi dari seluruh PTKIN dan nomor satu di Sumatera”,ucap Prof Nurhayati yang didampingi Wakil Rektor I Prof Hasan Ashari, Kepala Biro AAK Drs Ibnu Sa’dan, M.Pd dan Sub Koordinator Humas da Informasi UIN SU Yunni Salma, MM.

Lebih jauh disampaikan Rektor Nurhayati, bahwa kepercayaan masyarakat terhadap UIN SU cukup tinggi dan ini harus terus dijaga, agar kepercayaan umat terhadap UIN SU sebagai lembaga pendidikan tinggi Islam dapat dipertahankan.

“Ada 10.601 orang calon mahasiswa yang mendaftar di UIN SU, dan ada 6.500 orang mahasiswa baru hasil dari jalur seleksi yang nantinya akan diterima belajar di UIN SU, ini kepercayaan luar biasa dari masyarakat dan umat yang harus kita jaga, agar keberlangsungan proses belajar dapat berjalan secara baik”, ucap Rektor optimis.

Disamping itu Rektor juga menjelaskan, pelaksanaan ujian masuk dengan SSE yang terkoneksi dengan komputerisasi sehingga hasilnya objektif, tanpa ada rekayasa ataupun bentuk kecurangan lainnya.

“Seleksi yang berjalan ini objektif, transparan dan terbuka dengan dukungan sistem komputerisasi dan ahli IT sebanyak 8 orang. Operator sistem layanan dan linknya tersistem ke pusat”, ucap Rektor Perempuan pertama sejak berdirinya UIN SU (IAIN SU sebelumnya).

Disamping itu dukungan sarana dan prasarana belajar sangat baik yang dimiliki UIN SU siap untuk menampung seluruh mahasiswa yang belajar di UIN SU.

Sementara itu Sub Koordinator Humas dan Informasi UIN SU Yunni Salma, MM menjelaskan dari beberapa program studi, setidaknya ada lima prodi favorit pilihan calon mahasiswa baru.

“Setidaknya ada lima prodi favorit yang peminatnya cukup besar diantara beberapa prodi yang ada di UIN SU. Kelima prodi itu di antaranya Pendidikan Agama Islam, Perbankan Syariah, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Akuntasi Syariah dan Ekonomi Islam”, ujar Yunni Salma. * SN/AS