Sumut  

Seminar Spirit Hijrah Membangun Sumut, Edy Rahmayadi: Pentingnya Kejujuran dan Kasih Sayang

Seminar Spirit Hijrah Membangun Sumut, Edy Rahmayadi: Pentingnya Kejujuran dan Kasih Sayang
Gubsu Edy Rahmayadi menghadiri acara Seminar Nasional 'Spirit Hijrah Sebagai Washilah Membangun Sumut Bermartabat' yang diselenggarakan oleh Universitas Al-Washliyah (UNIVA) di Aula Raja Inal Siregar, Lantai 2 Kantor Gubernur Sumut, Jalan Pangeran Diponegoro Medan, Sabtu (22/7/2023). | Foto: Ist

Medan-Skalanews | Menghadiri Seminar Nasional ‘Spirit Hijrah Sebagai Washilah Membangun Sumatera Utara yang Bermartabat’, Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi menyampaikan tentang pentingnya kejujuran dan kasih sayang tehadap sesama. Dua hal ini sangat dibutuhkan dalam upaya membangun Sumut yang bermartabat

“Pertama adalah soal kejujuran. Dimana nilai itu, akan dapat membawa masyarakat merasa saling percaya satu sama lain,” ujar Edy Rahmayadi dalam sambutannya pada Seminar Nasional Spirit Hijrah Membangun Sumut yang digelar di Aula Raja Inal Siregar, Kantor Gubernur Sumut, Jalan Pangeran Diponegoro No 30 Medan, Sabtu (22/7/2023).

Hal prinsip yang kedua, lanjut Edy Rahmayadi, adalah kasih sayang. Nilai ini menurutnya akan dapat menjaga persatuan dan kesatuan, serta saling memberikan manfaat satu sama lain, sesuai kemampuan dan tugasnya.

“Bagaimana kita menginginkan dan melakukan sesuatu tanpa kasih sayang. Rasa itu harus ada dan kita tanamkan dalam diri. Begitu juga dalam rangka membangun Sumatera Utara yang Bermartabat, kita harus memikirkan kesejahteraan rakyat, itulah bagian dari rasa kasih sayang,” katanya.

Edy juga menyampaikan ucapan terima kasih atas peran para akademisi, tokoh masyarakat dan tokoh agama yang telah memberikan sumbangsih pemikiran, serta doa dalam upaya melaksanakan tugas pembangunan di Sumut.

“Ada adinda Dedi yang ilmunya begitu luas. Kalau ilmu saya seperti Pak Dedi Iskandar Batubara, bisa saya marahi orang se-Sumut. Tetapi tak bisa, karena ilmu saya jauh dari ilmu yang beliau miliki. Dari bahasa saya, jadi yang boleh marah tentang akhlak adalah beliau (Dedi). Tetapi saya lihat beliau masih senyum-senyum,” ujar Gubernur.

Seminar yang dibuka oleh Rektor Universitas Al-Washliyah (Univa) Medan Prof HM Jamil, menghadirkan para narasumber yakni Prof HM Riwan Lubis (Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta), dengan materi seminar ‘Strategi Rasulullah Dalam Membangun Peradaban yang Bermartabat’. Kemudian H Hidayatullah (Anggota DPR RI) yang membawa materi ‘Spirit Hijrah Dalam Membangun Ekonomi Umat Menuju Sumatera Utara Bermartabat’.

Selanjutnya ada Prof H Muhammad Jamil selaku Rektor Univa yang membawa materi seminar dengan judul ‘Peran Perguruan Tinggi Islam Dalam Membangun Masyarakat Madani’. Serta narasumber Dr H Dedi Iskandar Batubara selalu Ketua PW Al-Washliyah Sumut membawa materi ‘Strategi Membangun Peradaban yang Multikultural’.

Rektor Univa HM Jamil menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubernur Edy Rahmayadi dan Pemprov Sumut, atas bantuan yang diberikan dalam pembangunan Gedung Univa.

“Pada kesempatan ini, saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubernur dan Pemprov Sumut atas bantuan yang diberikan,” ujarnya.