Satpol PP Menampar Suami-Istri Pemilik Kafe Saat Razia PPKM, Dipecat

Satpol PP Menampar Suami-Istri Pemilik Kafe Saat Razia PPKM, Dipecat
Tangkap layar video viral, Satpol PP tampar wanita hamil saat razia PPKM. Foto:Ist

GowaSkalanews: Beberapa hari terakhir, video viral di sosmed dengan aksi kekerasan pria berseragam Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) yang dipertontonkan menampar suami-istri, pemilik kafe, saat razia PPKM.

Informasi diperoleh Skalanews, razia PPKM terlibat keributan itu terjadi Rabu malam lalu di kafe Ivan. Oknum berseragam Satpol PP yang tampak sangat emosional itu akhirnya diketahui bernama Mardani Hamdan, Sekretaris Satpol PP Pemkab Gowa, Sulawesi Selatan. Kabar beredar luas, dia pun akhirnya dipecat dan terancam penjara.

Setelah viral aksi pemukulannya terhadap suami pemilik warung dan istrinya yang tersebut sedang hamil dalam video itu, Mardani Hamdan kini tak cuma jadi tersangka, tapi juga sudah dicopot dari jabatannya sebagai Sekretaris Satpol PP Gowa.

Pemecatan itu disampaikan langsung Bupati Gowa, Sulawesi Selatan, Adnan Purichta Ichsan lewat akun instagramnya.

Menurut Bupati Adnan, hari ini, Sabtu (17/7), Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Inspektorat Gowa, atas pemeriksaan Sekretaris Satpol PP Mardani Hamdan telah diserahkan kepadanya. Setelah melalui pemeriksaan maraton oleh Inspektorat, Satpol PP itu dipecat.

“Berdasarkan hasil pemeriksaan, Mardani Hamdan telah melanggar kedisiplinan ASN. Atas dasar itu, hari ini, Sabtu, 17 Juli, yang bersangkutan saya copot dari jabatannya,” tulis Adnan Purichta, Sabtu 17 Juli 2021.

Adnan mengaku beberapa hari ini, selalu ada warga yang bertanya, kenapa dia tidak langsung mencopot yang bersangkutan.

“Itu karena kita negara hukum, menjunjung tinggi asas praduga tak bersalah. Makanya dilakukan pemeriksaan oleh Inspektorat, sekaligus pemenuhan hak yang bersangkutan untuk melakukan pembelaan atas perbuatannya,” ungkapnya.