Daerah  

Rumah Dua Lantai di Sigiring-giring Amblas ke Sungai

Rumah Dua Lantai di Sigiring-giring Amblas ke Sungai
Satu bangunan milik warga di Jalan Merdeka, Kelurahan Sigiringgiring, Kecamatan Padangsidimpuan Utara, Kota Padangsidimpuan, Sumatera Utara, Selasa (14/12), amblas ke sungai. Foto:Ist

PadangsidimpuanSkalanews: Satu bangunan rumah dua lantai milik warga di Jalan Merdeka, Kelurahan Sigiringgiring, Kecamatan Padangsidimpuan Utara, Kota Padangsidimpuan, Sumatera Utara (Sumut), Selasa (14/12), amblas ke sungai.

Informasi dihimpun, robohnya bangunan bertingkat dua tersebut akibat curah hujan yang cukup tinggi, sehingga aliran sungai yang tak jauh dari rumah tersebut meluap dan mengikis tebing, diduga menjadi penyebab bangunan berwarna putih hijau tersebut amblas.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padangsidimpuan, Arfan Siregar mengatakan, hujan lebat yang mengguyur Kota Padangsidimpuan, Selasa sore hingga malam, mengakibatkan terjadinya sejumlah bencana.

“Diperkirakan ada ratusan rumah yang terendam banjir, namun sampai saat ini belum dapat informasi berapa angka pastinya. Tidak hanya rumah, ada juga beberapa masjid yang terendam,” kata Arfan di lokasi bencana.

Arfan menjelaskan, satu bangunan rumah 2 lantai dan 3 pintu yang berada di pinggir daerah aliran sungai (DAS) mengalami amblas. Namun hingga berita ini tayang, dia belum dapat memastikan tentang korban jiwa.

Dia mengatakan sampai saat ini pihaknya sedang bekerja keras untuk melakukan pendataan dan upaya evakuasi serta pembersihan rumah-rumah warga yang terendam banjir.

“Kami sudah berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum (PU), Perkim, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan seluruh instansi terkait untuk melakukan upaya evakuasi serta pembersihan bagi daerah yang terdampak banjir,” katanya. SN-W21