Kampus  

Rektor UINSU Syahrin Harahap Buka PBAK Diikuti 5.575 Mahasiswa Baru

Rektor UINSU Syahrin Harahap Buka PBAK Diikuti 5.575 Mahasiswa Baru
Foto: Ist

MedanSkalanews : Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) melaksanakan kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) berlangsung secara daring, dibuka secara resmi oleh Rektor UINSU Prof Dr Syahrin Harahap MA, Kamis (2/9), di Aula Nazri Adlani Kampus II Jalan Williem Iskandar Medan.

Di hadapan 5.575 mahasiswa baru, Rektor berpesan  agar tetap mengikuti proses PBAK hingga akhir, agar terbangun suasana kampus yang dinamis saat mengikuti proses perkuliahan.

“PBAK merupakan fase baru bagi para calon mahasiswa UINSU memasuki gerbang intelektualitas yang berbasiskan ilmu, spritualitas dan kemampuan pengembangan potensi diri ke arah yang lebih baik”, ucap Rektor dalam sambutannya.

Lebih jauh dikatakan, bahwa PBAK bukan hanya sekadar kegiatan seremonial akademik, kegiatan ini akan melahirkan calon mahasiswa yang kepekaan yang tinggi, adab yang baik serta mampu beradaptasi secara cepat dengan lingkungan Kampus.

“Jadilah mahasiswa yang senantiasa berkontribusi bagi ilmu dan kemanusiaan, nilai-nilai spiritualitas berdimensikan ulul albab yang menjadikan ilmu dan pengetahuan sebagai bagian terpenting dalam proses kehidupan dan perubahan global,” tambah Rektor.

Sebelumnya Wakil Rektor III UINSU Dr Nispul Khoiri MAg, selaku Ketua Panitia melaporkan terkait dengan pelaksanaan Kegiatan PBAK diikuti 5.575 mahasiswa baru dilakukan serentak secara daring atau virtual.

“Kegiatan PBAK ini akan dilaksanakan selama dua hari, Kamis hingga Jumat diikuti 5.575 orang mahasiswa baru tersebar di delapan Fakultas yang nantinya para mahasiswa ini dikembalikan ke Fakultas masing-masing untuk pendalaman dan adaptasi sistem pembelajaran dan hal teknis akademik lainnya,” ujar Nispul Khoiri.

Seluruh rangkaian kegiatan PBAK dilaksanakan dengan memenuhi protokol Kesehatan.

Turut memberi sambutan melalui tayangan video antara lain, Kasubdit Sarpras dan Kemahasiswaan Kemenag RI Ruchman Basori, Wakil Ketua Komisi VIII DPRI H Marwan Dasopang, Direktur Diktis Kemenag RI Prof Dr Suyitno, Dirjen Pendidikan Islam Kemenag RI Prof Dr H Muhammad Ali Ramdhani. SN-W16