Permukiman Warga Rantau Selatan Terendam

Pemukiman Warga Rantau Selatan Terendam
Kondisi genangan akibat hujan dan luapan sungai Aek Tapa. Foto: SN|damanik

SigambalSkalanews:  Hujan semalaman, di beberapa titik di seputar Kecamatan Rantau Selatan, Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara (Sumut) mengakibatkan luapan Aek Tapa menggenangi permukiman warga dengan ketinggian air setinggi lutut orang dewasa, Senin (27/9).

Seperti di Kelurahan Aek Tapa B, persisnya di Panti Asuhan Tunas Bangsa, air menggenangai asrama anak-panti tersebut. Begitu juga di seputar Kelurahan Perdamaen, Kecamatan Rantau Selatan, lingkungan Perumahan Bina Insan Mandala ll. 

Sejumlah akun Facebook (FB), juga banyak yang mengunggah peristiwa banjir di seputar Kota Rantauprapat dan meminta perhatian pemerintah setempat.

Ada akun Facebook, mengunggah genangan permukiman warga Kelurahan Perdamaen, Kecamatan Rantau Selatan, lingkungan Perumahan Bina insan Mandala ll. Masyarakat memohon perhatian dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Labuhanbatu.

Lain lagi yang diunggah akun FB Ahmad Efendi Harahap yang menyebutkan, dia mendukung Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Labuhanbatu dipertahankan bernada antagonis.

Menurut dia, Kepala BPBD yang sekarang sangat sigap mengevakuasi warga yang terkena banjir, seraya mencontohkan, sudah sejam yang lalu banjir dimana-mana, saya hubungi nomor BPBD tak ada yang mengangkat… Apa karena jam 3 subuh saya hubungi ya…,” tulisnya.

Sampai saat ini, belum diketahui apakah BPBD Labuhanbatu sudah menurunkan timnya untuk membantu masyarakat atau tidak. Sayangnya, telefon seluler kepala BPBD saat dihubungi wartawan belum aktif. SN-W24