Ragam  

Perlu Keikhlasan Gaji ASN dan Pegawai BUMN Kurangi Beban Negara

Perlu Keikhlasan Gaji ASN dan Pegawai BUMN Mengurangi Beban Negara
Dr Joko Santoso MIkom. Foto:Ist

MedanSkalanews: Pemerintah perlu membuat regulasi yang isinya agar Pegawai BUMN dan ASN turut berempati dengan kondisi saat ini, semisal perlu kerelaan dan keikhlasan pemotongan gaji, untuk mengurangi beban negara yang sudah teramat berat pada masa pandemi seperti ini.

Demikian diusulkan Pengamat Politik dan Kebijakan Publik Dr Joko Susanto MIkom, Sabtu (24/7), kepada Skalanews merespons langkah tegas pemerintah dalam penanggulangan pandemi Covid-19.

Menurutnya, langkah penanggulangan dengan berbagai upaya harus ditempuh guna mengurangi risiko korban yang ditimbulkan akibat wabah ini.

“Kita mengapresiasi pemerintah yang sudah berani mengambil langkah tegas guna meminimalisir penyebaran wabah covid ini, sekaligus menyelamatkan bagi kelangsungan hidup, karena ini tugas negara sebagaimana termaktub dalam Pembukaan UUD 1945, bahwa negara berkewajiban melindungi segenap warga negara, ya termasuk wabah covid ini”, ujar Joko Susanto.

Lebih jauh Doktor Ilmu Komunikasi ini menjelaskan, agar kebijakan itu juga harus mempertimbangkan dampak psikologis ekonomis dan politis di masyarakat, agar tidak menimbulkan implikasi sosial, perlu dibuatkan regulasi atau kebijakan strategis agar tujuan mulia ini dapat mengurangi risiko sosial, sehingga perlu keikhlasan dari ASN maupun pegawai BUMN, gajinya dikurangi.