Medan  

Pemko Medan Harus Berperan Atasi Persoalan Anak

Pemko Medan Harus Berperan Atasi Persoalan Anak
Pengamat dan praktisi sosial anak Rafdinal SSos MAP. Foto:Ist

MedanSkalanews: Pengamat dan praktisi sosial anak Rafdinal SSos MAP mengingatkan Pemerintah Kota Medan agar mampu memainkan peran strategisnya dalam mengatasi persoalan anak dengan melibatkan seluruh Dinas terkait dengan anak baik langsung maupun tidak langsung.

Pesan Rafdinal tersebut menyusul perolehan penghargaan bagi Kota Medan baru-baru ini dari Kementerian Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) sebagai Kota Layak Anak (KLA) Tingkat Madya. Penghargaan ini diberikan atas keseriusan Pemerintah Kota Medan dalam memberikan fasilitas dan layanan untuk anak. 

Dia juga memberikan sejumlah catatan terkait dengan raihan Penghargaan dari Kementerian PPA kepada Pemerintah Kota Medan. “Persoalan anak di Kota Medan saat ini sangat kompleks, diperparah lagi dengan kondisi pandemi covid-19, sehingga semakin menambah persoalan baik secara ekonomi maupun sosial,” ujar Rafdinal kepada media, Jumat (30/7), di Panti Asuhan Bayi Muhammadiyah Medan.

Persoalan anak di Medan terkesan penanganannya bersifat parsial, antara Dinas Pendidikan, Kesehatan, Sosial dan Kependudukan Catatan Sipil. Hal ini penting dilakukan Pemerintah Kota Medan agar seluruh hal yang terkait anak melingkupi kebutuhan di atas.