Daerah  

Pemkab Langkat Launching ‘Dewi Kejut’ Desa Telagah

Pemkab Langkat Launching ‘Dewi Kejut’ Desa Telagah
Foto: Ist

LangkatSkalanews: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Langkat melaksanakan launching Desa Wisata Berkelanjutan (Dewi Kejut) sekaligus meresmikan dan mengukuhkan anggota kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Desa Telagah, Kecamatan Sei Bingai, Langkat, Kamis kemarin.

Launching berdasarkan surat keputusan Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Langkat No: 430-1128/K/Disparbud-LKT/2021. Disaksikan Bupati Langkat Terbit Rencana PA, melalui Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Langkat dr H Indra Salahuddin.

Sekda menjelaskan, launching ini bertujuan untuk pengelolaan destinasi wisata yang lebih baik, guna meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan ekonomi kerakyatan Desa Telagah.

Sebab Langkat kaya akan potensi wisatanya, baik wisata alam, budaya dan wisata sejarah bahkan wisata religi.  “Ini semua ada di Langkat, menjadi modal pembangunan wisata,” katanya.

Pengembangan lokasi wisata itu, sebut Sekda, memerlukan dukungan dan keterlibatan seluruh pemangku kepentingan di bidang pariwisata termasuk masyarakat Desa.

Selain itu, Sekda juga menegaskan,  pengembangan desa wisata juga bertujuan untuk mewujudkan visi dan misi Bupati Langkat. Yakni menjadikan Langkat yang maju melalui pengembangan pariwisata.

Selanjutnya, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Langkat Sribana PA, yang juga hadir menyampaikan, masyarakat desa adalah salah satu unsur penting untuk memaksimalkan potensi wisata.

Untuk itu, pihak DPRD Langkat sangat mengapresiasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Langkat atas program desa wisata ini. “Kami sangat mendukung pembentukan dan pengembangan desa wisata ini,” ungkapnya.

Turut hadir Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata Hj Nur Elly Heriana Rambe, Kadis Lingkungan Hidup Iskandar Zulkarnain Tarigan, Pelaksana tugas (Plt) Camat Sei Bingai Thomas Sitepu, Kepala Desa Telaga Suranta Sitepu dan hadirin lainnya. SN | W-19