Sumut  

Pemindahan Masjid Amal Silaturrahim, Sah

Pemindahan Masjid Amal Silaturahim Sah
Masjid Amal Silaturrahim yang baru di Jalan Timah Putih Kel Sukaramai II, Medan Area. Foto:Ist

MedanSkalanews: Permasalahan lahan yang di atasnya berdiri Masjid Amal Silaturrahim (MAS) lama di Jalan Timah Putih, Kelurahan Sukaramai II, memasuki babak final. Pemindahan Masjid Amal Silaturahim, sah dilakukan.

Berdasarkan penelusuran redaksi melalui sistem Kepaniteraan Mahkamah Agung, Permohonan kasasi yang diajukan pihak APMAS terhadap Penetapan Pengadilan Agama (PA) Medan Nomor: 204/Pdt.P/2020/ PA Medan yang menyatakan SAH pemindahan Masjid Amal Silaturrahim, dinyatakan NO (niet ontvankelijke verklaard) yang artinya adalah Permohonan Kasasi dari pihak APMAS tidak dapat diterima.

Hal tersebut dinyatakan oleh Majelis Hakim Kasasi Mahkamah Agung RI dalam Putusan Nomor : 507/K/Ag/2021 tanggal 26 Agustus 2021.

Dengan demikian, dapat diyakini bahwa kasasi yang diajukan tidak dapat diterima dan sudah jelas bahwa penetapan PA Medan adalah hasil akhir dimana perpindahan (istibdal) Masjid Amal Silaturrahim sah dilakukan dan MAS baru sebagai pengganti dari Masjid Gang Melur, serta mengizinkan untuk segera memproses sertifikat wakafnya (atas MAS baru).

Hal senada juga disampaikan dalam surat pernyataan pencabutan tanda tangan penolakan oleh Ketua Pimpinan Wilayah Nahdlatul Ulama (PW NU) Sumatera Utara dan dokumen investigasi Tim Penyelesaian Tanah Wakaf MAS oleh PW NU Sumatera Utara yang menyatakan mendukung perpindahan MAS.