Medan  

Pelatihan Disain Grafis Mahasiswa Program Ilmu Komunikasi UINSU

Pelatihan Disain Grafis Mahasiswa Program Ilmu Komunikasi UINSU
Dekan FIS di Wakili Wakil Dekan III FIS M. Yose Rizal Saragih, M. I,Kom saat membuka acara. Foto: Ist

Medan-Skalanews: Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi  pada Fakultas Ilmu Sosial UIN Sumatera Utara mengikuti pelatihan Disain Grafis dan Pengenalan Multimedia yang digelar Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian Kominfo Medan, Kamis dan Jumat lalu di Jalan Tombak Medan.

Pelatihan ini bagian dari kerjasama Universitas dan Prodi Ilmu Komunikasi UIN Sumut dengan BBPSDM dan Penelitian Kominfo Medan beberapa waktu lalu yang sudah ditandatangani  Rektor Prof. Dr. Syahrin Harahap, MA dan Ketua Drs. Irbar Samekto, MS.i.

Dekan FIS UIN Sumut diwakili M Yoserizal Saraih, M.Ikom ketika membuka  kegiatan tersebut mengingatkan para mahasiswa dengan tekun mengikuti pelatihan dan ilmu yang diperoleh dapat dimanfaatkan untuk kemaslahatan umat, dalam bentuk amar ma’ruf (menyeru kepada kebaikan).

Ketua Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian Kominfo Medan Drs. Irbar Samekto, MS.i. yang saat itu berada di Kalimantan lewat video confrence memaparkan betapa pentingnya pengusaan pengetahuan tentang disain grafis dan multimedia saat ini. Karena dengan pengetahuan tersebut akan bisa memberi manfaat secara ekonomis.

Semua perusahaan produk membutuhkan disain grafis dan juga membutuhkan multimedia untuk mempromosikan produknya ke konsumen. Peluang ini tentu menjadi tantangan sekaligus mendatangkan keuntungan.

Ketua Prodi Ilmu Komunikasi FIS UIN Sumut, Dr. Muhammad Alfikri, MSi sebagai nara sumber memaparkan seputar Pemanfaatan Komunikasi Multimedia Bagi Keefektifan Komunikasi Publik.

“Komunikasi publik adalah komunikasi strategis yang digunakan ketika seseorang atau sekelompok orang mengumpulkan dan berbagi informasi kepada sekelompok orang untuk menyampaikan pesan tentang topik tertentu”, ucap AlFikri Matondang kepada Media, Sabtu (21/5) di Medan.

Lebih jauh di sampaikan Putra Prof Dr Yakub Matondang, MA mantan Rektor UIN Sumut (IAIN Sumut-red) bahwa pelatihan Komunikasi lewat perangkat multimedia ini memiliki kemampuan untuk mengakses informasi secara riil time serta memberikan lebih banyak informasi terkait dunia digitalisasi.

“Dalam kegiatan ini pemateri, Dr. Abdul Rasyid, MA menyampaikan bahwa apa yang di sampaikan Wakil Dekan III M. Yoserizal Saragih adalah benar,  Sebab menurut dia, apapun yang dikerjakan umat manusia di muka bumi ini akan diminta pertanggungjawabannya dan berimplikasi pada kehidupan sosial di masyarakat,” ujarnya.

Karena itu manfaatkan pengetahuan disain grafis yang diperoleh untuk memberi manfaat bagi umat manusia. Kegiatan ini juga di pandu oleh Dr Solihah Titin Sumanti MAg. SN-W16