Daerah  

Pelantikan Depicab SOKSI Asahan, Surya Absen

Pelantikan Depicab Soksi Asahan Surya Absen
Ketua Depidar II Soksi Sumut, H Sangkot Sirait. Foto:-Ist

KisaranSkalanews: Ketua Depidar II SOKSI Sumut, H Sangkot Sirait SSos mengungkapkan rasa kecewa atas absennya Bupati Asahan H Surya BSc pada pelantikan Dewan Pimpinan Cabang (Depicab) SOKSI Kabupaten itu, Sabtu (19/2) lalu di halaman Kantor DPD Partai Golkar Sumut, Jalan Akasia, Kisaran.

Menurut Sangkot, selain telah berjanji hadir langsung, Surya juga cukup dikenal sebagai Kader Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (SOKSI) Kabupaten Asahan. Bahkan saat Surya menjabat Wakil Bupati Asahan, hampir selalu hadir pada setiap kegiatan-kegiatan yang digelar SOKSI dahulu.

“Sebenarnya Pak Bupati ini, dulu waktu masih Wakil Bupati kerap datang kepada SOKSI. Makanya saya tidak yakin kalau hari ini sesudah dia menjadi Bupati tidak hadir. Tapi tadi sudah disampaikan oleh Pak Asisten dan Pak Efi, bahwa sebenarnya Pak Surya mau kemari. Tapi mungkin Tuhan melarang, dikasih larangan lain sehingga tak jadi sampai kemari. Mudah-mudahan ke depan kita bisa bersama-sama. Jangan ketika waktu wakil dulu kita bersama-sama, ke depan tidak bisa bersama. Itu membuat kita sangat sedih,” ucapnya.

Depicab SOKSI Asahan beserta konsentrasi lembaganya resmi dilantik. Di antaranya adalah Basuki Rahmat Nasution SPd dan Bambang Hermanto sebagai Ketua dan Sekretaris, serta Bendahara Ahmad Syaiful P Pasaribu, SAP MM.

Seluruh prosesi pelantikan dipimpin oleh James P Siregar, Wakil Ketua Bidang Organisasi Depidar II SOKSI Sumut.

Ketua Depidar II SOKSI Sumut, H Sangkot Sirait SSos mengucapkan selamat kepada Pengurus Depicab SOKSI Asahan serta konsentrasi lembaga yang baru saja dilantik.

Selain itu, Sangkot juga memberikan semangat kepada Pengurus Depicab SOKSI Asahan khususnya untuk Basuki Nasution yang baru dilantik menjadi ketua, agar tetap semangat dan berbuat baik di tengah-tengah masyarakat.

“Karena SOKSI ini didirikan tahun 1960 diawali oleh sebuah lembaga negara resmi, namanya Barisan Nasional, tahun 1957 Basnas itu didirikan. Ketuanya Mayjen Suprayogi, Sekretarisnya Kapten Suhardiman. Jadi Pak Basuki jangan sedih kalau saat ini hanya kepala sekolah.

Dulu pun, katanya, yang di-SOKSI itu (Pak Suhardiman) hanya Kapten, bukan Jenderal. Yang dihadapi Jenderal, di antaranya Jenderal Aidit. Tapi InsyaAllah dengan kegigihannya, dengan kemauannya, dia mampu membesarkan SOKSI.

“Dan SOKSI besar sampai hari ini. Di akhir hayatnya beliau mendapat Jenderal juga. Jadi Pak Basuki jangan sedih,” tegas Sangkot.

Hal tersebut diungkap Sangkot merespons kata-kata ‘minder’ yang diucapkan Basuki Rahmat Nasution saat menyampaikan sambutannya usai dilantik.

Sangkot melanjutkan, dirinya sudah berulang kali mengatakan, dalam mencari pemimpin SOKSI di kabupaten/kota maupun pimpinan konsentrasi lembaga, kriterianya adalah orang yang mau.

Sebelumnya, Ketua Depicab SOKSI Asahan Basuki Rahmat Nasution, menyerahkan rekomendasi nama-nama kader SOKSI yang diusulkan untuk menjadi bakal calon legislatif kepada Ketua DPD Partai Golkar Asahan Efi Irwansyah Pane MKM.

Dalam sambutannya, Ketua DPD Partai Golkar Asahan, Efi Irwansyah Pane mengucapkan terima kasih atas keaktifan Ormas-ormas pendiri Partai Golkar yang terus aktif melakukan konsolidasi organisasi khususnya di Asahan.

“Artinya kita makin percaya diri menyongsong 2024, bagi Golkar artinya mari bung rebut kembali. Untuk konstelasi politik 2024, kita harus memenangkan Pileg, Pilpres maupun Pilkada,” ucapnya.

Asisten Pemerintahan Pemkab Asahan Buwono Prawira SIP MSi, yang mewakili Bupati Asahan, sebelumnya menyampaikan permohonan maaf dari Bupati Asahan H Surya BSc tak bisa hadir langsung di lokasi, dan membacakan sambutan tertulis Bupati Asahan H Surya BSc. SN-Rel