Medan  

Pecandu Narkoba Bukan Harus Dihukum Penjara

Pecandu Narkoba Bukan Harus Dihukum Penjara
Nasrullah Ketua Yayasan Rehabilitasi Narkoba Rumah Ummi. Foto: Ist

MedanSkalanews: Ketua Yayasan Rehabilitasi Narkoba Rumah Ummi, Nasrullah SAg MPd mengaku prihatin dan sedih, banyak korban penyalahgunaan Narkoba harus diselesaikan secara hukum. Pecandu narkotika dan obat-obatan (Narkoba) bukan harus dihukum, tapi direhabilitasi.

“Mereka itu hanya korban yang semestinya direhabilitasi secara intensif melalui terapi baik secara psikologis maupun dimensi religiusitas, tidak selamanya penjara bisa menyelesaikan masalah, karena penjara bukan solusi terbaik bagi pengguna Narkoba, apalagi mereka yang sudah memasuki stadium tinggi,” kata Nasrullah kepada Skalanews, Jumat (24/9), di Medan.

Menurut praktisi dan pemerhati korban Narkoba ini, pecandu Narkoba perlu mendapatkan perhatian dari masyarakat dan pemerintah, karena mereka hanyalah korban dari proses peredaran Narkoba yang kian hari jumlah dan modus operandinya berjalan secara sistematis, bahkan sepertinya terukur dan terstruktur dalam peredarannya. “Korban Narkoba tidak lagi memandang usia, memandang gender dan status sosial lainnya, ini mirip bahaya laten bagi bangsa ini ke depan,” ujarnya.

Menurutnya, menjadi bentuk keprihatinan, terkait maraknya peredaran Narkoba di kalangan masyarakat dan bangsa kita, tidak jarang korbannya para generasi muda bangsa sebagai penerus negeri yang sama kita cintai, namun faktanya Narkoba begitu marak di tengah masyarakat, dan tidak tahu sampai kapan korban-korban penyalahgunaan Narkoba ini berakhir.

Dikatakan, Narkoba merupakan sebuah ancaman bagi negeri ini, lebih berbahaya dari pada serangan terorisme maupun corona, sebab apa? Narkoba ini tidak akan pernah selesai dari negeri ini, jika semua kita tidak memiliki kepedulian dan perhatian secara serius untuk memerangi peredaran Narkoba dari negeri tercinta ini.