Ragam  

Pascapenggerebekan Tempat Hiburan Malam, Kapolres Binjai: Kita Sentuh Mereka Dengan Nilai Agama

Pascapenggerebekan Tempat Hiburan Malam, Kapolres Binjai: Kita Sentuh Mereka Dengan Nilai Agama
Kapolres Binjai AKBP Rio Alexander Panelewen bersama Ketua PW GEMMA Masjid Sumatera Utara (Sumut) Ustadz Masdar Tambusai (kanan), dan Sekretaris Amirsyam. (Foto: Ist)

Binjai-Skalanews | Kepolres Binjai AKBP Rio Alexander Panelewen, SIK mengatakan, pascapenggerebekan tempat hiburan malam yang beroperasi selama bulan Ramadan di wilayah hukum Polres Binjai, berhasil mengamankan puluhan orang yang terjaring razia di lokasi hiburan malam Blues Star, sedang diproses secara hukum dan dilakukan pembinaan secara mental serta spiritual.

“Saat ini mereka yang sedang kita amankan berjumlah 74 orang dan hasil tes urine mereka positif menggunakan narkoba sebanyak 34 orang, dan pendataan serta pemeriksaan terus berjalan. Namun begitu ada sisi humanisme kita sentuh, agar mereka sadar (insyaf) tidak lagi melakukan perbuatan yang salah serta melawan hukum,” ujar Kapolres Rio Alexander, Rabu (3/4/2024) di ruang kerjanya saat menerima audiensi Pimpinan Wilayah Generasi Muda Masjid (GEMMA) Sumatera Utara (Sumut) di Mapolres Binjai.

Kapolres Binjai dengan tegas mengatakan bahwa perang terhadap narkoba, judi dan tindakan kriminalitas lainnya, merupakan tugas utama guna menciptakan suasana aman dan nyaman di Kota Binjai, sehingga kehidupan masyarakat berjalan baik, ekonomi bergerak serta kehidupan keagamaan semakin harmonis.

“Kami di Polres Binjai tidak semata mengedepankan pendekatan hukum saja, namun pendekatan humanisme juga sangat efektif dalam menciptakan iklim Kamtibmas yang kian kondusif, lewat dialog dengan masyarakat, kerjasama dengan tokoh agama dan tokoh masyarakat yang ada di Kota Binjai, sehingga tercipta suasana yang aman dan nyaman,” ujar Perwira Melati dua ini tersenyum.

Lebih jauh disampaikan Kapolres Binjai pascapenggerebekan tempat hiburan malam, khusus mereka yang terjaring razia di lokasi diskotek Blue Star kemarin dan kini sudah diamankan, didata dan nantinya terkait status hukumnya segera disampaikan, saat ini pun mereka yang terjaring razia juga dibekali dengan nilai-nilai agama yang disampaikan para tokoh agama dan mubalig.

“Untuk mereka yang terjaring razia, kita sedang rukiah lewat pendekatan agama, dan dari yang kita lihat, mereka ada yang menangis serasa menyesali perbuatannya. Sepertinya metode pendekatan ini cukup efektif memberikan kesadaran kepada mereka, di samping proses hukum yang nantinya berjalan, dan kami berharap dengan cara ini akan menimbulkan efek jera kepada mereka dan tidak lagi mengulangi kesalahan yang sama untuk masa mendatang,” ujar AKBP Rio.

Sementara itu Ketua PW GEMMA Masjid Sumatera Utara Masdar Tambusai mengapresiasi sikap tegas sekaligus humanis, yang dilakukan Polres Binjai sangat efektif guna menekan angka kejahatan.

“Kami apresiasi sikap tegas Kapolres Binjai dan jajarannya agar tidak kompromi dengan berbagai kejatahan, apalagi dibarengi dengan sentuhan nilai-nilai agama, kami rasa sangat efektif dan bisa menjadi role model bagi para penegak hukum lainnya.

Kuncinya kolaborasi dengan tokoh agama dan tokoh masyarakat sangat penting lewat dialog dan silaturahmi secara rutin, Insya Allah suasana Kamtibmas kita semakin mantap dan baik ke depannya,” ujar Ketua GEMMA Sumut Masdar Tambusai didampingi Sekretaris Amirsyam. * SN-AS