Nispul Khoiri: Profesi Wartawan Sangat Mulia

Nispul Khoiri: Profesi Wartawan Sangat Mulia
DR H Nispul Khoiri MAg saat menyampaikan tausiyah motivasi, menempati kantor redaksi Skalanews di Jl Medan Batangkuis, Seirotan. Foto: Ist

MedanSkalanews: Syukuran memasuki kantor Redaksi Skalanews di Jalan Medan-Batang Kuis, Desa Seirotan, Kecamatan Percut Seituan, Kabupaten Deliserdang, dihadiri sejumlah tokoh Sumatera Utara. Dengan berlatarbelakang profesi, mulai advokat, akademisi, politisi dan tentu saja para wartawan.

Dalam tausiyah motivasi disampaikan, Islam memandang profesi wartawan sangat mulia, sebab banyak hal yang disampaikan kepada masyarakat, sehingga publik tercerdaskan dari setiap sajian berita yang disampaikan.

“Islam sangat memuliakan profesi wartawan, sebab hal yang tersampaikan secara baik sesuai fakta, maka publik tercerahkan dan tentunya memberikan edukasi yang baik, sehingga masyarakat pun terhindar dari berbagai informasi yang tidak jelas, pada akhirnya menimbulkan persoalan, baik secara sosial maupun hukum”, ujar Dr Nisful Khoiri MAg dalam tausiah motivasinya.

Lebih jauh disampaikan, bahwa dalam menjalankan profesi jurnalis setidaknya ada tiga hal yang harus diperhatikan, agar tidak menimbulkan persoalan secara hukum.

“Fungsi mendia memberikan pendidikan, informasi dan integrasi dan Allah akan memberikan keberkahan kepada media tersebut  jika dalam pelaksanaan kesehariannya memberikan kebaikan dan keberkahan bagi siapa saja yang membacanya, hal terpenting dari setiap pemberitaan tersebut memunculkan suasana damai dan kesejukan di tengah masyarakat,” tambah Wakil Rektor III UIN Sumatera Utara ini.

Dalam penulisan berita setiap jurnalis diharuskan menjunjung tinggi etika. Inilah konsep kerja menurut Islam.

“Islam melarang kita memberikan kabar bohong atau hoax yang tujuannya hanya menciptakan permusuhan dan perselisihan, maka yakinlah keberkahan itu akan hilang dan hanya memunculkan konflik, akhirnya medianya pun bubar, akibat keberkahan itu dicabut,” sebut Ketua ISNU Sumatera Utara ini. SN-W16