Kampus  

Nispul Khoiri: Empat Modal Lulusan dalam Napas Wahdatul Ulum

Nispul Khoiri: Empat Modal Lulusan dalam Napas Wahdatul Ulum
Wakil Rektor III UIN Sumut, Dr Nispul Khoiri MAg di hadapan camera virtual PBAK UIN Sumut 2021. Foto: Ist

Medan EstateSkalanews: Wakil Rektor III Dr Nispul Khoiri MA merinci empat modal penting harus diketahui mahasiswa baru Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN Sumut). “Ada empat hal menjadi modal penting yang melekat dalam pengetahuan dan pemahaman mahasiswa yang pada saatnya menjadi lulusan dalam napas kampus Wahdatul Ulum dan moderasi beragama,” kata Nispul saat sebagai pemateri pada Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) mahasiswa baru secara virtual dari Aula Nazri Adlani Kampus UIN Sumut Medan Estate, Deliserdang.

Di hadapan 5.575 mahasiswa baru Tahun Akademik 2021-2022 mengikuti PBAK itu, Nispul Khoiri juga mengingatkan sebagai mahasiswa harus melek teknologi dan informasi.

Menurutnya, masa depan mahasiswa baru itu dimulai di UIN Sumut. “Menjemput dan akan mengadaptasikan diri dalam dunia yang sedang memasuki sebuah era abad ini disebut era revolusi industri 4.0,” katanya.

BACA JUGA : Rektor UINSU Syahrin Harahap Buka PBAK Diikuti 5.575 Mahasiswa Baru

Disebutkan, Era Industri 4.0 ditandai dengan kemajuan teknologi informasi yang sangat pesat, sebuah realitas kehidupan mengubah hidup dan kerja manusia secara mendasar membutuhkan teknologi.

Dalam konteks pendidikan 4.0 adalah program untuk mendukung terwujudnya pendidikan cerdas melalui peningkatan dan pemerataan kualitas pendidikan keterampilan abad 21. Adalah kolaborasi, komunikasi, berpikir kritis dan kreatif.

UIN Sumut, lanjutnya, akan menempah dan menyiapkan lulusan yang memiliki empat hal. 

  • Pertama, memiliki keterampilan informasi, media dan teknologi.
  • Kedua,  keterampilan belajar dan berinovasi yang meliputi kreativitas dan problem solving.
  • Ketiga, memiliki jiwa kepemimpinan.
  • Keempat, memiliki kemampuan komunikasi efektif.

Empat hal ini, kata Nispul Khoiri, menjadi modal mahasiswa untuk memiliki kemampuan dan beradaptasi sehingga memudahkan diri dalam bergaul dan beraktivitas serta tidak gamang dalam kehidupan kemajuan teknologi dan informasi.