Merawat Tanaman Menanti Peminat yang Kini Lesu

Merawat Tanaman Menanti Peminat Yang Kini Lesu
Riko bersama tanaman hias miliknya di Jl Pancing dekat Unimed. Foto: SN||munawir siregar

Medan EstateSkalanews: Menemukan ragam tanaman hias jenis bunga, daun atau pohon buah banyak di kawasan Jalan Pancing, dekat kampus Universitas Negeri Medan (Unimed). Perangkat taman berupa pot segala jenis, tanah dan pupuk organik tanaman taman juga lengkap di sini. Kini pedagang hanya merawat tanaman sembari menanti peminat yang kini lesu.

Jalan-jalan Skalanews di kawasan ini, Sabtu (28/8), meski semenjak PPKM penjualan lesu, menikmati beragam tanaman di kawasan ini terasa teduh dan menyenangkan. Pengelola taman tetap merawat tanaman berharap minat pasar kembali bergairah.

Salah satu Penjual tanaman hias  di dekat sekolah Islamic Centre, bernama Riko misalnya. Pengusaha yang tergolong lama menggeluti usahanya itu mengaku datang ke taman jualannya itu kerap hanya melakukan perawatan, tanpa penjualan.

Aneka tanaman hias di Jalan Pancing Medan Estate. Foto: SN|munawir siregar

“Penyebab minat lesu, saya tidak paham. Omzet menurun dahsyat, karena minat yang hilang terhadap koleksi tanaman hias. Selain itu semenjak PPKM ini penjualannya menurun bahkan hanya bisa menjual satu hingga lima pohon,” kata Riko salah satu pemilik taman di deretan panjang Jalan Pancing itu.

Menurut dia, saat ini kalau dari penjualan harian bisa mengantongi Rp100 ribu, sudah sangat disyukuri. “Karena lebih sering kosong,” ungkapnya.

Harga tanaman hias dijual Riko sebenarnya bukan tergolong mahal. Tersedia mulai dari harga Rp5 ribu hingga puluhan ribu rupiah. “Kalaupun konsumen datang, dominan saat ini membeli tanaman hias gantung,” katanya seakan menyapa tumbuhan hias di sudut belakang tamannya.

“Tanaman ini butuh perawatan, sayang kalau dibiarkan begitu saja. Maka kami akan terus mengembangkannya, siapa tahu nanti keadaan kembali normal dan ramai peminat,” ujarnya optimis.

Dia juga berharap masyarakat yang ingin membeli tanaman hias agar datang datang ke tempatnya. SN-W21