Medan  

Menyulap Kawasan Hitam Menjadi Taman Edukasi

Menyulap Kawasan Hitam Menjadi Taman Edukasi
Suasana Rumah baca PMI di Medan Denai yang berhasil didulap dari kawasan hitam menjadi taman edukasi. Foto: SN|amir syam

MedanSkalanews: Rumah baca inisiasi Palang Merah Indonesia (PMI) Kecamatan Medan Denai, berhasil menyulap kawasan hitam yang dahulunya tempat peredaran Narkoba dan praktik perjudian, kini menjadi taman edukasi.

Sejumlah tokoh Pemuda Medan Denai yang berhimpun dalam wadah PMI, bersama tokoh masyarakat, tokoh agama dan Muspika Medan Denai secara aktif melakukan penyuluhan bahaya penggunaan Narkoba.

“Alhamdulillah, berkat kerjasama dengan para pihak termasuk perangkat Kecamatan Medan Denai, Kawasan yang dulunya markas Narkoba, judi serta tidak jarang sering terjadi aksi tawuran, perlahan tapi pasti Kawasan Hitam ini berubah menjadi Kawasan Edukasi,” ujar Ismail Harahap SSos, Ketua PMI Kecamatan Medan Denai, kepada Skalanews, Kamis (14/10), di Jalan Tuba IV, Kelurahan Tegal Sari Mandala III, Kecamatan Medan Denai.

Lebih lanjut Ismail mengatakan, bahwa kawasan ini dulunya merupakan tempat pemakaman umum, karena adanya proyek revitalisasi Sungai Denai, maka areal pemakaman dipindahkan ke arah samping sebelah kanan, sehingga lahan tersebut tersisa menjadi bagian jalur hijau.

Menurutnya, dahulu tempat ini (Rumah Baca PMI Medan Denai sekarang) adalah Tempat Pemakaman Umum (TPU), setelah adanya proyek revitalisasi sungai, maka makam ini dipindahkan,  lahan ini menjadi bagian badan Sungai Denai.