Kampus  

Mengenal Tafsir Maqashidi Langsung dari UIN Sunan Kalijaga

Mengenal Tafsir Maqashidi Langsung dari UIN Sunan Kalijaga
Foto: Ist

MedanSkalanews: Kepala Prodi S2 Ilmu Alquran dan Tafsir FUSI UINSU, Dr H Safria Andy MA, berharap dengan webiner kuliah umum tersebut, terwujudnya pendidikan tafsir yang lebih maksimal di lingkungan Program Studi (Prodi) Ilmu Alquran dan Tafsir khusus program magisternya dalam memahami ilmu Alquran dan Tafsir dengan mengenal Tafsir Maqashidi yang langsung dari ahlinya.

Program Pendidikan (Prodi) S2 Ilmu Alquran dan Tafsir menggelar Webiner Kuliah Umum bekerjasama dengan Prodi S1 Ilmu Alquran dan Tafsir, Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU), Jumat (24/9).

Kuliah umum mengusung tema “Arah Baru Kajian Tafsir Alquran: Upaya Membumikan Gagasan Tafsir Maqashidi” menghadirkan narasumber Prof Dr H Abdul Mustaqim MAg, Guru Besar Ilmu Tafsir dan juga Direktur Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga (SUKA) Yogjakarta.

Menurutnya, hal ini menjadi motivasi agar seksama dalam memahami tafsir khususnya Tafsir Maqashidi, sebagai salah satu jalan untuk memahami Alquran dan berkontribusi menanggulangi permasalahan di masyarakat.

Kemudian, terjalinnya hubungan yang erat antara dua Universitas Islam Negeri, yaitu UINSU Medan dan UIN SUKA Yogjakarta. Dengan mengundang para pakar tersebut, memotivasi hadirnya Guru Besar Ilmu Tafsir lainnya di kemudian hari.

“Ini akan membangun suasana yang lebih luas bagi mahasiswa-mahasiswi dalam menciptakan ruang diskusi bersama Guru Besar Tafsir di luar UIN-SU terutama UIN SUKA Jogja,” kata Safria Andy.

Dekan Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam (FUSI) Prof Dr H Amroeni Drajat MAg juga mengatakan, kuliah umum dengan mengundang para pakar merupakan upaya membangun silaturahmi. Jalinan keilmuan tafsir di FUSI UINSU semakin berkembang lagi,” katanya. SN-Ir

Respon (1)

Komentar ditutup.