Maratua Simanjuntak Kukuhkan MUI Deliserdang

Maratua Simanjuntak Kukuhkan MUI Deliserdang
Foto: Ist

LubukpakamSkalanews: Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumut, Dr H Maratua Simanjuntak MA, Selasa lalu, mengukuhkan Pengurus MUI Kabupaten Deliserdang, Masa Khidmat 2021-2026.

Pengukuhan berlangsung di Aula Cendana, Komplek Perkantoran Kabupaten Deliserdang di Lubukpakam. Terlihat para kiai dan ulama datang berkain hitam dan berbaju putih pada acara pengukuhan itu.

Acara yang dihadiri oleh jajaran Dewan Pimpinan (DP) MUI Sumut ini juga hadir Wakil Bupati Deliserdang bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Deliserdang.

H Surya Putra selaku panitia melaporkan, bahwa yang hadir berjumlah 100 orang perwakilan 23 MUI Kecamatan dan 65 DP MUI Kabupaten dan 22 undangan dari unsur Pemkab dan Ormas Islam.

Usai pengukuhan dilengkapi dengan tausiyah ulama, antara lain Dr Arifin Marpaung MA, Ketua MUI Periode 2016-2021. Selain ucapan terima kasih atas dukungan semua pihak di masa kepemimpinannya, dia juga menyampaikan ‘PR’ atau pekerjaan rumah besar MUI, selanjutnya merealisasikan kesinambungan program Pendidikan Kader Ulama dan Halal Mart.

Kiai Amir Panatagama dalam tausiyahnya menegaskan, tugas dan fungsi MUI sebagai tenda besar Umat Islam dengan muatan isinya ulama yang menjadi Khadimul Ummah wa Shadiqul Hukumah “ pengayom umat dan mitra pemerintah”.

Adapun tausiyah terakhir disampaikan oleh Dr Maratua Simanjuntak selaku Ketua DP MUI Sumatera Utara dengan menguraikan Surah al Ashr sebagai pengejawantahan tugas pokok MUI dalam perspektif Alquran.

Bupati Deliserdang diwakili Wakil Bupati Drs H Muhammad Ali Yusuf Siregar mengatakan, dengan gambaran demografi masyarakat sekarang yang perlu sekali pembinaannya dan arahannya dari para ulama khususnya pengurus DP MUI Deliserdang. SN-W20