Sumut  

Konflik Masjid Amal Silaturahim Usai, Sah Dipindahkan

Konflik Masjid Amal Silaturahim Usai, Sah Dipindahkan
Foto:Ist

MedanSkalanews:  Proyek Revitalisasi (Peremajaan) rumah susun (Rusun) Sukaramai, merupakan proyek pertama di Indonesia yang dilaksanakan Pemerintah melalui Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yaitu Perumnas, sempat mengalami kendala. 

Terhentinya proyek peremajaan eks rumah susun Sukaramai, telah memasuki tahun keempat, dikarenakan adanya perbedaan pandangan di antara umat Islam di Kota Medan terkait perpindahan Masjid Amal Silaturahim (MAS) yang berada di Jalan Timah Putih Kelurahan Sukaramai II, Kecamatan Medan Area.

Pihak Perumnas terus melakukan upaya dialog dengan umat Islam di Kota Medan, hingga akhirnya pada Jumat 21 Januari 2022 lalu terjadi pertemuan yang diinisiasi oleh Forum Islam Bersatu (FIB) di Rumah Aspirasi Romo Syafi’i dengan tajuk: Apakah Masjid Amal Silaturahim Wakaf, dan Bagaimana Legal Standingnya?,  dengan tujuan mencari kebenaran dan bukan pembenaran melihat dan mendengar paparan dari masing-masing pihak.

Sebelum memberikan paparan, terlebih dahulu masing-masing narasumber harus menyatakan sumpah memberikan keterangan yang sebenar-benarnya.

Dari keterangan masing-masing narasumber di antaranya anak ahli Waris Pewakif diwakili Bakti Sutarno, masyarakat tempatan diwakili Zaharudin Pane dan Perumnas diwakili Pimpinan Proyek Ahmad Fauzie, meyakini bahwa MAS lama bukan wakaf.