Daerah  

Kondisi Pangan Nasional Kini Sangat Mempengaruhi Kehidupan

Kondisi Pangan Nasional Kini Sangat Mempengaruhi Kehidupan
Foto: Ist

MedanSkalanews: Manager ComDev Yayasan Bitra Indonesia, Berliana Siregar mengatakan, kondisi pembangunan pangan nasional pada saat pandemi sangat mempengaruhi kehidupan masyarakat, terutama yang berpenghasilan kecil.

“Karenanya, berbagai regulasi dan kebijakan pemerintah di sektor pertanian dan pangan pada saat pandemi seperti ini perlu menjadi perhatian, mengingat pendemi menurunkan tingkat produksi pertanian dan pangan berskala nasional,” kata Berliana Siregar, kepada media, Rabu (6/10/2021).

Menurutnya, melemahnya sektor ekonomi terutama bidang pertanian dan pangan, sejak wabah pandemi melanda Indonesia. “Dampak dari itu menyebabkan penurunan derajat kebutuhan pangan kita, dan kelompok yang rentan akibat pandemi ini, ada pada kelompok berpenghasilan rendah dan miskin. Kondisi pangan benar-benar sangat mempengaruhi kehidupan,” katanya.

Menurutnya, postur Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) di arahkan pada target penurunan Covid, sehingga berdampak melambannya kegiatan ekonomi terutama di sektor pertanian dan pangan.

“Investasi pemerintah pada sektor pertanian dan pangan tidak hanya di lakukan pada masa pendemi ini saja, melainkan sejak tahun 1990-an telah terjadi stagnan produksi pertanian yang diakibatkan rendahnya investasi publik,” ujarnya.