Medan  

Komjen Pol Agus Andrianto Wakapolri yang Baru

Komjen Pol Agus Andrianto Wakapolri yang Baru
Ustaz Masdar Tambusai (kanan) saat bersilaturahmi bersama Komjen Pol Agus Andrianto. (Foto: AS/Ist)

Medan-Skalanews | Komisaris Jenderal Polisi (Komjen Pol) Drs Agus Andrianto SH MH diangkat menjadi Wakil Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Wakapolri) menggantikan Komjen Pol Prof Dr Gatot Eddy Pramono MSi yang akan segera memasuki masa purnatugas.

Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Pol Drs Listyo Sigit Prabowo MSi berdasarkan Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/1393/VI/KEP/2023 dan KEP Kapolri Nomor: KEP/816/VI/2023 tertanggal 24-06-2023 Tentang Pemberhentian Dari Dan Pengangkatan Jabatan Dalam Jabatan Di Lingkungan Polri.

Berdasarkan surat Keputusan Kapolri tersebut, rotasi jabatan Perwira Tinggi (Pati) di lingkungan Markas Besar (Mabes) Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) di antaranya jabatan Wakapolri selanjutnya diemban Komisaris Jenderal Polisi (Komjen Pol) Drs Agus Andrianto SH MH yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Badan Reserse dan Kriminal (Kabareskrim) Polri.

Kemudian jabatan Kabareskrim yang baru ditunjuk Komisaris Jenderal Pol Drs Wahyu Widada MPhil yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Kabaintelkam), dan seterusnya jabatan Kabaintelkam yang baru dijabat Komisaris Jenderal Pol Drs Suntana MSi yang sebelumnya sebagai Pati Baintelkam.

Pimpinan Wilayah Generasi Muda Masjid Sumatera Utara (PW Gemma Sumut) Masdar Tambusai SAg menyambut baik atas penunjukan Komisaris Jenderal Polisi Agus Andrianto sebagai Wakapolri.

“Penunjukan Komjen Pol Agus Andrianto sebagai Wakapolri sudah tepat, dan kita berharap Polri semakin solid, kuat dan profesional, mengingat Komjen Pol Agus Andrianto memiliki pengalaman lapangan yang mumpuni dan mampu bekerjasama dengan Kapolri, guna mewujudkan Polri yang Presisi,” ujar Masdar Tambusai kepada media, didampingi Wakil Sekretaris Amirsyam di Medan, Senin (26/6/2023).

Dai muda Kota Medan ini berharap, komposisi pimpinan Polri yang baru nantinya semakin memperkuat soliditas Polri terutama dalam menghadapi berbagai tugas berat yang sudah menanti, guna menciptakan situasi aman dan kondusif.

“Kita doakan semoga Polri semakin solid, tegas dan kuat dalam tugas kedepannya, diantaranya pengamanan dari gangguan kriminalitas seperti geng motor dan begal yang saat ini menghantui masyarakat, narkoba, judi dan terpenting menghadapi tahun politik dengan dinamika dan tensi politik tinggi perlu diantisipasi agar tidak terjadi perpecahan di tengah masyarakat,” ujar tokoh muda Melayu ini optimis. * SN-AS