Medan  

Kloter I Asal Kabupaten Mandailing Natal Tiba di Tanah Air

Kloter I Asal Kabupaten Mandailing Natal Tiba di Tanah Air
Gubernur Provinsi Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi menyapa jamaah haji Kloter I asal Kabupaten Mandailing Natal di Asrama Haji Pangkalan Mansyur Medan. (Foto: AS)

Deliserdang-Skalanews | Kloter I asal Kabupaten Mandailing Natal (Madina) sebanyak 360 orang jemaah haji, tiba di tanah air tepat pukul 03.00 WIB dinihari di Bandara Kualanamu Deliserdang.

Setelah melakukan perjalanan panjang yang melelahkan, akhirnya seluruh jemaah haji Kloter I ini tiba dengan selamat, dan selanjutnya bergerak menuju Asrama Haji Pangkalan Mansyur Medan, untuk persiapan kembali ke daerahnya.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara (Kakanwil Kemenag Sumut) H Ahmad Qosbi, sekaligus Ketua PPIH Debarkasi Medan, turut menyambut kedatangan jemaah haji Kloter I di Asrama Haji, sembari menunggu kehadiran Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi yang dijadwalkan seusai subuh langsung menuju Asrama Haji dan bergabung dengan seluruh jamaah haji asal Kabupaten Mandailing Natal.

BERITA TERKAIT : Ketua DPRD Madina Marah, Layanan PT Garuda Indonesia Terhadap Jemaah Haji Mengecewakan

“Pelaksanaan haji tahun 2023 ini Sumatera Utara mengirimkan jemaah haji sebanyak 8.163 orang yang terbagi dalam 24 Kelompok Terbang (Kloter) dan alhamdulilah Kloter I asal Kabupaten Mandailing Natal sudah tiba di tanah air dengan selamat, dan jumlah jemaah utuh seperti saat pemberangkatan,” ujar H Ahmad Qosbi dalam sambutannya di hadapan Gubsu Edy Rahmayadi, Rabu (5/7/2023) di Asrama Haji Medan.

Dalam sambutannya juga dilaporkan jumlah jemaah haji asal Provinsi Sumatera Utara (Sumut) yang wafat berjumlah 23 orang.

“Adapun jemaah haji yang wafat berjumlah 23 orang. Ada yang wafat sebelum berangkat (masih di tanah air) dan mereka yang wafat di tanah suci. Kemudian jumlah jemaah Kloter I awal berangkat sebanyak 359 orang dan bergabungnya Rektor UIN Sumatera Utara, maka bertambah menjadi 360 orang jamaah. Alhamdulillah semuanya sehat walafiat,” ujar H Ahmad Qosbi.

Sementara itu Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi yang turut hadir di Asrama Haji Pangkalan Mansyur Medan, mengaku senang dan bersyukur bahwa seluruh jemaah Kloter I asal Kabupaten Mandailing Natal semuanya sehat walafiat.

“Selamat kembali ke tanah air semoga menjadi haji yang mabrur dan mabruroh, dan saya selaku Gubernur Sumatera Utara merasa bersyukur seluruh jamaah haji Kloter I ini kembali dengan jumlah yang sama saat berangkat dan kembali dalam keadaan sehat semuanya,” ujar Gubsu Edy Rahmayadi yang berjanji akan berkunjung ke Kabupaten Mandailing Natal.

Turut mendampingi Gubernur Edy Rahmayadi saat menyambut kedatangan jamaah di antaranya Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Sumatera Utara dr Alwi Mujahid Hasibuan MKes, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Utara H Ahmad Qosbi SAg MM, Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Mandailing Natal Atika Azmi Utammi Nasution, dan pejabat Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara lainnya. * SN-AS