KH Akhmad Khambali: Keutamaan Bershalawat atas Nabi Muhammad

KH Akhmad Khambali: Keutamaan Bershalawat atas Nabi Muhammad
Foto: Ist

MedanSkalanews: KH Akhmad Khambali selaku Pengasuh Majelis Sholawat Ahlul Kirom kepada media, Rabu (8/12) mengungkapkan keutamaan bershalawat atas Nabi Muhammad SAW. Setiap bacaan shalawat atas Nabi Muhammad SAW, akan dibalas dengan 10 kali lipat shalawat dan dihapus 10 kesalahan serta diberikan 10 pahala.

Kiai Khambali kemudian mengutip Hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan Imam Bukhari yang artinya, ”Barangsiapa membaca Shalawat kepadaku sekali, maka Allah akan membalasnya sepuluh kali shalawat dan menggugurkan sepuluh dosanya serta mengangkat sepuluh derajat untuknya.”

Pengurus Harian Badan Penanggulangan Ekstremisme dan Terorisme Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat ini menjelaskan, keutamaan memperbanyak atau bershalawat atas Nabi Muhammad SAW, sangat dianjurkan meskipun dalam waktu yang singkat yaitu membaca¬†Allahumma shalli ‘ala muhammad wa ‘ala ali Muhammad.

Terlebih, ungkap Kiai Khambali, jika membaca shalawat atas Nabi Muhammad SAW dilakukan hari Selasa maupun malam Rabu. Ia mengutip hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan Baihaqi melalui Anas radiyallahu anhu yang artinya, ”Banyak-banyaklah kalian bershalawat untukKu pada hari Selasa dan malam harinya. Barangsiapa yang mengerjakan hal tersebut, Aku akan menjadi saksi dan pemberi syafaat baginya di hari kiamat.”

Kiai Khambali yang juga Ketua Umum Gema Santri Nusa sekaligus Sekretaris Forum Kiai Muda NU Sumut kemudian menjelaskan apa yang dimaksud dengan kata-kata syahidan dalam hadis tersebut yang artinya Rasulullah SAW akan menjadi saksi. Menurut Kyai Khambali, pada hari kiamat, Rasulullah SAW akan menjadi saksi bagi orang-orang yang membaca shalawat atas Nabi Muhammad SAW.

“Selain menjadi saksi, dalam hadis tersebut disebutkan Rasulullah SAW akan menjadi syafi’an bagi orang yang membaca shalawat. ”Artinya, Rasulullah SAW akan memberi syafaat (pertolongan) kepada orang yang membaca shalawat kelak di hari kiamat. Dengan pertolongan Rasulullah SAW tersebut, akan selamatlah dia dan dimasukkan ke dalam surga berkat syafaat Rasulullah SAW,” ungkap Kiai Khambali usai melaksanakan kegiatan Shalawatan di Masjid Amal Silaturrahim Medan Area.

“Pembacaan Maulid Diba’i tadi malam khusus diwashilahkan buat Kedamaian, Kesejukan, Keikhlasan para pengambil Keputusan dalam Muktamar NU di Lampung Nanti, Sebab NU sebagai Perekat NKRI, NU sebagai Teladan bagi Keberagaman Beragama dan Pengawal NKRI,” ujar Kiai Khambali. SN-W16