Sosok  

Ketua IKA PMII Sumut: Masyarakat Kategori Gaptek Jadi Kendala

Ketua IKA PMII Sumut: Harapan Besar untuk Kemajuan
Ketua IKA PMII Sumut Ance Selian. Foto:Ist

MedanSkalanews:  Problematika sistem digital cukup merepotkan. Pasalnya masyarakat tergolong masih banyak yang gagap teknologi (Gaptek) akan menjadi kendala. “Namun arus teknologi tidak dapat dihindari, harus dihadapi karena sudah menjadi tuntutan hidup,” kata Ance Selian, Ketua Ikatan Keluarga Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (IKA PMII) Sumatera Utara (Sumut), Senin (28/6), di Medan.

Menurutnya, dua tahun sudah, kondisi pendidikan kita sangat terpuruk, hilangnya kesempatan anak-anak bermain, berkarir, membina bakat menjadi tantangan besar buat negara.

“Ketidaksiapan menggunakan sistem baru (online), persoalàn serius yang harus ditangani pemerintah,” kata Ance Selian.

Menurutnya, pendidikan anak menjadi tanggung jawab bersama, maka dibutuhkan peningkatan kerjasama untuk mengatasi probematika pendidikan. “Lebih kurang dua tahun pandemi Covid-19 melanda dunia, termasuk Indonesia, membuat seluruh aktivitas berubah total, beralih ke sitem online menuntut semua mengikuti teknologi digital,” kata Ance Selian.

Dikatakan, ekonomi politik dan kesehatan bergerak cepat beradaptasi dengan zaman. Tapi di sektor pendidikan menjadi masalah besar, karena melibatkan semua unsur, anak,  orangtua, guru, sarana, lingkungan, dan keuangan.

“Dalam waktu dua tahun ini saya tidak melihat tanda keseriusàn pemerintah dalam berupaya pada kesiapan menghadapi era digital ini, yang saya lihat hanya menunggu situasi kembali normal,” ungkapnya.