Medan  

Kemenkominfo dan MUI Gelar Workshop Literasi Media

Kemenkominfo dan MUI Gelar Workshop Literasi Media
Foto: Ist

MedanSkalanews: Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) melaksanakan Workshop konten kereatif, di Hotel Grand Mercure, Jalan Perintis Kemerdekaan, Kota Medan, 15-17 November 2021.

Workshop mengusung tema, bangkit dari Covid-19 dengan nalar dan aksi bersama berlandaskan nilai-nilai Islam dan Fatwa MUI itu diikuti 60 peserta, dari berbagai provinsi di Sumatera, di antaranya Aceh, Sumut, Sumbar, Riau, Kepri, Jambi, Bangkabelitung, Sumsel.

Acara ini dibuka Sekjen MUI Dr H Amirsyah Tambunan MA secara virtual via zoom meeting.  Dalam sambutannya Amirsyah menjelaskan dampak pandemi Covid yang masih dirasakan sudah hampir dua tahun. “MUI perlu melakukan ikhtiar untuk pemulihan ekonomi,  jika tidak, maka yang akan terasa dampaknya adalah masyarakat ekonomi ke bawah.

Sebelumnya, Perwakilan Kemenkominfo Sumiati SE sebagai Sekretaris Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik menjelaskan, pihaknya saat ini mendapat tugas untuk mensosialisakan penanganan Covid dan pemulihan ekonomi nasional.

“Kominfo membutuhkan banyak mitra termasuk salah satunya MUI, karena MUI memiliki cabang di setiap provinsi dan itu akan mempermudah Kominfo melaksanakan sosialisasi atau pun workshop,” katanya.

Dengan harapan, peserta memahami  pemanfaatan media sosial dan mencerna informasi yang lebih sehat. “Pemahaman mengenali hoax dan mengatasinya,” kata Sumiati.

Dr H Maratua Simanjuntak, Ketua MUI Sumatera Utara mengatakan dia mengetahui adanya acara workshop ini satu hari sebelum hari H. “Ditunjuk sebagai tuan rumah, MUI Sumatera Utara, harus siap kapan pun ditunjuk,” katanya. SN-W22