Kejuaraan Free Fire Nusantara Series Qualifier Region Medan

Kejuaraan Free Fire Nusantara Series Qualifier Region Medan
Kegiatan di Himalaya Cafe. (Foto: Ist)

Deliserdang-Skalanews | Kejuaraan Free Fire Nusantara Series Qualifier Region Medan dan Deliserdang diselenggarakan pihak Garena selaku pembuat game, yang bekerjasama dengan komunitas Free Fire yang ada di Sumatera Utara (Sumut).

Ajang kompetisi ESport Indonesia atau ESI saat ini mulai ramai digalakkan, terutama bagi kalangan milenial. Olahraga yang memadukan kemahiran dan kecerdasan emosional, kian hari semakin di gemari kalangan anak muda, bahkan olahraga ini sudah dipertandingkan pada kejuaraan resmi seperti PON, Sea Games bahkan Asian Games.

Guna memopulerkan olahraga ini di kalangan remaja, pihak Garena selaku pembuat game yang bekerjasama dengan komunitas Free Fire yang ada di Sumut inipun, menyelenggarakan kejuaraan Free Fire Nusantara Series Qualifier Region Medan dan Deliserdang, dengan mengundang beberapa klub komunitas yang ada di wilayah Sumut.

Menurut Dzaki Irfaan Rahmadan selaku inisiator kejuaraan Free Fire Nusantara mengatakan, kegiatan ini merupakan ajang pencarian bakat dari kalangan milenial yang berminat pada olahraga E-Sport yang banyak digandrungi kaum muda.

“Olahraga E-Sport ini dimaksudkan untuk mencari bibit muda berbakat yang ada di Sumatera Utara untuk direkrut menjadi atlet potensial Sumatera Utara, yang kita tahu trend olahraga ini di kalangan orang muda sangat populer. Maka kami coba menginisiasi bakat ini dalam sebuah kompetisi resmi, yang nantinya setiap pamenang akan diorbitkan untuk bertanding pada level yang lebih tinggi lagim” ujar Zaki kepada media, Minggu (4/6/2023) di sela kegiatan yang berlangsung di Cafe Himalayam Jalan Medan Batang Kuis.

Menurut Zaki, tingginya animo peserta yang ikut pada kejuaraan ini, pertanda prospek olahraga kreatif ini cukup bagus di Sumatera Utara, dan bakat-bakat muda yang ada cukup menggembirakan.

“Pada seri kualifikasi ini diikuti 412 orang peserta dan terbagi dalam beberapa tim. Setiap tim dibagi lagi dalam beberapa grup, mulai penyisihan, semifinal dan final dengan durasi setiap gamenya berlangsung 20 menit di bawah pengawasan komite pertandingan,” ujar Zaki.

Ditambahkan Zaki, kompetisi regional Medan diikuti peserta dari beberapa Kabupaten dan Kota yang ada di Sumatera Utara seperti Medan, Asahan, Binjai, Siantar, Langkat, Tebingtinggi dan Deliserdang.

“Event olahraga ESport ini difokuskan pada pembinaan mental, sportivitas, leadership dan pengambilan keputusan, sehingga kita berharap melalui olahraga ini akan lahir generasi muda yang memiliki sikap dan perilaku yang santun dan cerdas,” sambung pelatih muda ESport Indonesia Sumatera Utara.

Pemenang pertandingan pada kualifikasi Free Fire Nusantara Series ini terdiri dari:

  • Juara I Tim Gabut Aja dari Medan dan meraih uang tunai Rp750.000 ditambah piala dan sertifikat.
  • Juara II Tim Eternity Bro meraih uang tunai Rp350.000 ditambah piala dan sertifikat.
  • Juara III Tim KitaKita meraih uang tunai Rp150.000 ditambah piala dan sertifikat. * SN/AS