Medan  

Kakan Kemenag Sergai: Jamaah Calon Haji Jaga Kesehatan

Kakan Kemenag Sergai: Jamaah Calon Haji Jaga Kesehatan
Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Serdang Bedagai H. Zulfikli Sitorus, MA bersama Jamaah Calon Haji Sergai. (Foto: AS/Ist)

Medan-Skalanews | Sebanyak 252 orang jamaah calon haji dari Kabupaten Serdangbedagai (Sergai) yang tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 17 Embarkasi Medan, bersiap untuk menuju Bandara Kualanamu di Kabupaten Deliserdang, selanjutnya akan meninggalkan tanah air menuju Kota Suci Makkah.

Hal ini disampaikan Kepala Kantor (Kakan) Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Serdangbedagai (Sergai) H. Zulkifli Sitorus, MA. Menurut Kakan Kemenag Kabupaten Sergei ini jamaah calon haji tahun didominasi berusia lanjut atau lansia.

“Alhamdulillah jamaah calon haji Kabupaten Serdangbedagai tahun ini memberangkatkan sebanyak 252 orang calon haji. Seharusnya jumlahnya 253 orang, dikarenakan slaah seorang jamaah calon haji wafat sebelum keberangkatan, maka yang siap untuk berangkat jumlahnya 252 orang”, ujar Kakan Kemenag Sergei ini di sela persiapan keberangkatan Kloter 17, Jumat (9/6/2023) dari Asrama Haji Medan.

Lebih jauh disampaikan H. Zulkifli Sitorus, bahwa jamaah calon haji Serdangbedagai didominasi para orang tua yang berusia lanjut, karena itu disampaikan kepada para jamaah terutama yang lansia agar tetap menjaga kesehatan serta mengutamakan ibadah wajib saja.

“Karena jamaah calon haji dari Sergei ini didominasi mereka yang berusia lanjut, maka kepada petugas haji seperti diingatkan bapak bupati, agar memperhatikan mereka (para lansia) untuk dibantu segala hal saat mau berangkat hingga sampai di tanah suci. Termasuk mengingatkan agar para lansia mengutamakan ibadah wajib serta banyak mengonsumsi air putih dan buah-buahan”, sambung sekretaris PWNU Sumut ini.

Ditambahkan kandidat Doktor UIN SU ini, bahwa tahun ini Kementerian Agama RI mengampanyekan motto haji tahun 2023 ini ‘Haji Ramah Lansia’. Untuk itu seluruh rangkaian dan tahapan yang dipersiapkan guna memastikan seluruh petugas haji memahami tugas pokok dan fungsi saat bertugas.

“Kementerian Agama berkomitmen bahwa pelaksanaan haji tahun 2023 dengan mengusung tema ‘Haji Ramah Lansia’, diimplementasikan para petugas haji yang sudah dibekali dengan pengetahuan dan penanganan bagi para calon haji yang berusia lanjut, untuk diperhatikan dan dibantu baik saat keberangkatan dari tanah air hingga nanti saat pelaksanaan hingga puncak haji wukuf di Arafah”, ujarnya tegas.

Menurut rencana Kloter 17 ini dilepas Asisten Pemerintahan Kabupaten Serdangbedagai Ir. H. Kaharuddin, MM bersama Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara H. Ahmad Qosbi, S.Ag, MM didampingi Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Serdangbedagai H. Zulkifli Sitorus, MA. * SN/AS