Jaga Kehalalan dan Kualitas Kurban, Kades Gelar Pelatihan

Jaga Kehalalan dan Kwalitas Kurban, Kades Gelar Pelatihan
Pelatihan penyembelihan hewan kurban dilaksanakan Kades Sei Rotan, Suwandi MS di halaman Balai Desa Sei Rotan. Foto: SN-Ist

Percut SeituanSkalanews: Syarat dan rukun menyembelih dalam Islam menjadi ukuran kehalalan dan kualitas Kurban. Pelatihan penyembelihan pun mejadi hal penting bagi Kepala Desa (Kades) Sei Rotan Suwandi MS. Cara-cara ini patut ditiru segenap kalangan yang terlibat dalam kepanitiaan Kurban.

Menjelang Hari Raya Idul Adha, Kades Sei Rotan Suwandi MS melaksanakan pelatihan penyembelihan hewan kurban, Kamis (15/7), di halaman balai Desa Sei Rotan, di Jalan Pendidikan 2, Dusun 2, Percut Seituan, Kabupaten Deliserdang, Provinsi Sumatera Utara.

Kegiatan pelatihan dihadiri BPD, LKMD, mahasiswa UIN, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat. “Kegiatan ini dilaksanakan agar pemotongan hewan kurban tidak asal-asalan dan pembagiannya tidak sembarangan,” kata Suwandi.

Menurutnya, kegiatan ini digelar untuk melaksanakan penyembelihan  hewan dengan baik, agar daging tersebut halal dan berkualitas. Pelatihan tersebut menggunakan dua ekor kambing untuk pelaksanaan praktik penyembelihan. Disaksikan peserta pelatihan, instruktur pemotongan menjelaskan tata cara pemotongan hingga cara pembagian semua dijelaskan. Acara pun di akhiri dengan makan bersama dan foto bersama. SN-Ag