Sumut  

Ini Sejumlah Catatan Relawan Edy Rahmayadi

Ini Sejumlah Catatan Relawan Edy Rahmayadi
Gubernur Edy Rahmayadi. Foto: Ist

MedanSkalanews: Pemerintah Provinsi Sumatera Utara di bawah kepemimpinan Gubernur Edy Rahmayadi telah berjalan 2,5 tahun. Sejumlah peneliti dan relawan Edy menilai ada sejumlah catatan ditorehkan mantan Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat atau Pangkostrad itu.

“Sebesar 82,64 persen masyarakat puas soal pelayanan publik di Sumut. Ini juga disampaikan Gubsu pada Musrenbang Perubahan RPJMD 2019-2023 bersama Mendagri awal Juni ini,” kata Peneliti Lembaga Studi Transparansi Anggaran dan Kebijakan (El-Strika) Erwin David, Kamis (15/7/2021) di Medan.

Erwin juga menyinggung Akselerasi Pencapaian Sumut Bermartabat. Kepuasan masyarakat terkait pelayanan publik tersebut merupakan hasil akumulasi capaian Kabupaten/Kota sampai Provinsi.

“Artinya bisa dikatakan kabupaten/kota tetap selaras dengan apa yang ada dalam visi misi Sumut Bermartabat,” kata Erwin.

Hanya saja dia menyoroti soal kesempatan kerja yang mulai mengalami penurunan.

“Peningkatan kesempatan kerja dan berusaha melalui penyediaan lapangan kerja, Provinsi Sumut naik dari peringkat ke-32 menjadi peringkat 20. Tapi mulai mengalami penurunan terdampak pandemi Covid ini berkisar 0,8 sampai 2 persen,” urai Erwin.

Terpisah, Relawan Gerakan Sumut Bermartabat, Rahmandoko menilai Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy berhasil mewujudkan Sumut Bermartabat. Terutama terkait pengerjaan jalan yang ada di Provinsi Sumut.