Kampus  

Gedung Kuliah Bersama UIN Sumatera Utara, Legacy yang Tak Ternilai

Gedung Kuliah Bersama UIN Sumatera Utara, Legecy Yang Tak Ternilai
Gedung Kuliah Bersama H Anif yang berada di Kompleks Kampus UIN Sumatera Utara di Jalan Sutomo Medan berdiri megah. Foto: SN|amir syam

MedanSkalanews: Kepergian salah seorang tokoh besar Sumatera Utara H Anif beberapa waktu lalu, menyisakan duka mendalam, bukan saja bagi keluarga dekat, tapi masyarakat Sumatera Utara yang mengenal sosok almarhum baik secara langsung maupun tidak langsung. Salah satu bukti kepedulian almarhum H Anif dikenang dalam dunia pendidikan, legacy (warisan) yang ditorehkan menjadi nama gedung kuliah di Kampus UIN Sumatera Utara Jalan Sutomo, Medan.

Almarhum H Anif Bin Gulmar Shah, semasa hidupnya seorang pengusaha sukses dan dermawan. Kepergiannya menyentak duka banyak orang, sebab selama ini masyarakat Sumatera Utara banyak yang tidak mengetahui penyakit atau hal lain hingga wafatnya. Kabar wafatnya H Anif pun sontak beredar luas lewat informasi jaringan media sosial.

BACA JUGA: Sang Dermawan H Anif Berpulang ke Rahmatullah

“Almarhum H Anif merupakan sosok dermawan, banyak fasilitas sosial dia bangun untuk kepentingan masyarakat, sekolah dan berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan, termasuk penyediaan mobil layanan kebersihan masjid-masjid, terutama yang ada di Kota Medan dan sekitarnya,” kata Syabrun Jukhoir kepada Media, Sabtu (28/8) Medan.

Kepergian H Anif yang juga orangtua kandung Wakil Gubernur Sumatera Utara H Musa Rajekshah atau biasa disapa Ijeck itu  juga merupakan sosok yang tidak asing bagi kalangan akademisi,  politisi, pengusaha, aktivis maupun banyak pengurus Ormas.

“Tentunya bagi siapa pun yang mengenal ayahanda H Anif baik secara pribadi maupun tidak, kesan baik dan murah senyum tetap melekat di ingatan, sebagai aktivis kampus tentu saya mengenal sosok almarhum yang suka membantu, termasuk beberapa kegiatan saat kami masih berstatus mahasiswa, tetap dibantu,” ujar mantan aktivis HMI Cabang Medan ini.

Lebih jauh disebutkan, almarhum H Anif peduli pada peningkatan kualitas dan mutu pendidikan, kesehatan dan kepedulian sosial. Berbagai program keumatan sebagai bukti, bahwa H Anif figur yang memiliki empati sosial yang tinggi.

“Bukti kepedulian ayahanda pada dunia pendidikan, salah satu legacy yang ditorehkan menjadi nama gedung di Kampus UIN Sumatera Utara Jalan Sutomo, persembahan Gedung Kuliah bersama H Anif setinggi tiga lantai, sebagai sarana belajar bagi generasi muda bangsa yang berakhlak, bermoral dan berintegritas, inilah Wakaf Jariyah yang almarhum tinggalkan bagi calon-calon intelektual muslim mendatang,” tambah Direktur Program dan Pengembangan Perencanaan Transitif Learning Society.

Gedung Kuliah Bersama H Anif yang berada di Komplek Kampus UIN Sumatera Utara di Jalan Sutomo Medan berdiri megah. “Insya Allah ayahanda almarhum H Anif husnul khatimah, diampunkan segala salahnya dan ditempatkan di Jannah Allah SWT. Begitu banyak legacy yang beliau berikan kepada umat dan bangsa ini, terutama bagi dunia pendidikan semoga bermanfaat untuk generasi mendatang,” ujar Kandidat Doktor Hukum Islam UIN Sumatera Utara ini. SN-W16