Erwin P Dasopang: Tingkatkan Prestasi dan Martabat Madrasah

oleh -460 views
Erwin P Dasopang: Tingkatkan Prestasi dan Martabat Madrasah
Kabid Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Sumut H Erwin Pinayungan Dasopang pada Panel diskusi, Senin (25/7), di Aula Kemenag Deli Serdang. Foto:|Ist

Deliserdang-Skalanews: Kepala Bidang Pendidikan Madrasah, Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Sumut, H Erwin Pinayungan Dasopang mengajak para Kepala Madrasah (Kamad) untuk bersinergi, bergandengan tangan untuk prestasi dan martabat madrasah dengan meningkatkan mutu dan kualitas pembelajaran.

Hal itu diungkapkan H Erwin Pinayungan Dasopang di hadapan Kamad di lingkungan Kantor Kemenag Kabupaten Deli Serdang, Senin (25/7), pada acara yang dikemas dengan sistem panel bertemakan ‘Sosialisasi Penguatan Program Kebijakan Pendidikan  Pada Madrasah dan Implementasinya yang berlangsung di Aula Kemenag tersebut di Lubuk Pakam.

BACA JUGA: Erwin Dasopang Jadi Anggota Kehormatan Banser Ansor Kota Medan

Menurutnya, saatnya ke depan tak ada beda hak dan kewajiban Kamad negeri dengan swasta dalam meningkatkan prestasi dan martabat madrasah.

Pada bagian lain, Muhammad Qodri Syah Hasibuan, Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Deli Serdang, kepada wartawan usai panel acara itu menyebutkan, Erwin Pinayungan Dasopang membawa lengkap stafnya para Penanggungjawab Fungsi yang berjumlah 5 orang, untuk tampil menyampaikan dan menjelaskan berbagai kebijakan pada acara yang dikemas dengan sistem panel tersebut.

“Ini merupakan catatan sejarah ditorehkan keluarga besar Madrasah se-Deli Serdang ketika para Pengelola Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Sumut dinakhodai H Erwin Pinayungan Dasopang,” kata Qodri Syah.

Masih menurut Qodri, pertemuan dalam panel diskusi itu merupakan anugerah yang luar bisa bagi insan Pendidikan Madrasah se-Deli Serdang mendapat kunjungan sekaligus mendapatkan informasi dan motivasi dari segenap Pengambil Keputusan serta Kebijakan Pendidikan pada Madrasah Kanwil Kemenag Sumut.

Tentu saja, kata Qodri, Kakankemenag Deli Serdang, H Abdul Haris Harahap dan segenap jajarannya di bidang pendidikan sangat berharap sosialisasi ini dapat menjadi momentum untuk lebih bersemangat dan bekerjasama dengan para Kepala Madrasah dalam meningkatkan harkat martabat madrasah, mandiri dan berprestasi.

Sebelumnya, Syawal Matondang, Penanggungjawab Fungsi Bidang Kurikulum dan Kesiswaan menyampaikan bahwa Kurikulum Merdeka yang telah dicanangkan pemerintah masih sebatas proses ‘pilot poject’, hingga penggunaannya diharapkan tahun depan sudah bisa diaktualisasikan pada Madrasah.

Syawal juga menekankan pentingnya madrasah mengikuti ajang Kompetensi Sains Madrasah sebagai salah satu ajang dan tolak ukur peningkatan mutu siswa di madrasah.

Pada kesempatan itu juga, Darwis Nasution pejabat Penanggungjawab Fungsi Seksi Tenaga Kependidikan menjelaskan syarat dan kualifikasi pengangkatan Kepala Madrasah.

Pengangkatan Kepala oleh Yayasan di Madrasah Swasta, katanya, harus memperhatikan syarat dan ketentuan yang telah digariskan pada Keputusan Dirjen Pendis Nomor 3932 Tahun 2021 tentang Petunjuk Teknis Seleksi dan Pengangkatan Kamad.

Sedangkan Nur Syamsiyah MA, selaku Penanggungjawab Fungsi Seksi Kelembagaan & SIM pada kesempatan yang sama menegaskan bahwa torehan prestasi Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara sebagai terbaik 1 Nasional Pemutakhiran Data EMIS 4.0 Periode Semester Ganjil T.P 2021/2022 harus dipertahankan.  “Ini juga harus ada kerjasama yang baik antara Kepala Madrasah dan Operatornya,” jelasnya.

Pada bagian lain, Penanggungjawab Sarana dan Prasarana Zulfahmi Siregar mengakui, bantuan pemerintah untuk rehab atau pembangunan gedung madrasah masih sangat terbatas.

“Skala prioritas masih diperuntukkan madrasah yang memang gedung dan prasarana sangat memprihatinkan. Mudah-mudahan pada masa yang akan datang madrasah di Kabupaten Deli Serdang dapat juga dibantu sarana dan prasarana oleh Pemerintah,” katanya mengakhiri. SN-Rel