Medan  

Dr Busyro Muqoddas: Perguruan Tinggi Muhammadiyah Merupakan Penyemai Pimpinan Berkeadilan dan Kemanusiaan

Dr Busyro Muqoddas: Perguruan Tinggi Muhammadiyah Merupakan Penyemai Pimpinan Berkeadilan dan Kemanusiaan
Suasana Wisuda Sarjana UMSU Angkatan I Tahun 2023 di Royal Ballroom Hotel Selecta, Jalan Listrik Medan, Selasa (4/7/2023). | Foto AS

UMSU Wisuda 1.276 Orang Sarjana Baru

Medan-Skalanews | Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Dr Busyro Muqoddas menyampaikan, bahwa Perguruan Tinggi Muhammadiyah merupakan penyemai pimpinan yang berkeadilan dan kemanusiaan.

Hal ini disampaikan mantan Komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (KPK RI) di hadapan 1.276 orang wisudawan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) pada wisuda sarjana angkatan I tahun 2023 di Bollroom Selecta, Jalan Listrik Medan, Selasa (4/7/2023).

Dr Busyro Muqoddas dalam sambutannya mengutip surah Ibrahim ayat 24, 25 dan 26 dimana kata Waladun Salihin merupakan implementasi yang meliputi kuatnya iman, ilmu, amal dan kemandirian. Maka seluruh wisudawan UMSU harus memiliki kemampuan seperti yang termaktub dalam Alquran surah Ibrahim.

BACA JUGA : Prof Candra Wijaya: Kerjasama Lintas Sektoral Diperlukan untuk Menekan Laju Kejahatan

Sementara itu, Rektor UMSU Prof Dr Agussani, M.AP dalam sambutannya mengingatkan terkait dengan tanggung jawab Tri Darma Perguruan Tinggi, maka UMSU terus melakukan berbagai upaya dalam rangka meningkatkan kualitas prestasi di bidang akademik maupun nonakademik.

“Kita terus berikhtiar guna meningkatkan kualitas, mutu dan pengelolaan Perguruan Tinggi di tengah persaingan global. Untuk itu, kami berharap dukungan penuh warga civitas akademika, Pimpinan Pusat Muhammadiyah dan kepercayaan masyarakat kepada UMSU akan terus kami lakukan sebagai bentuk tanggung jawab kepada bangsa, negara dan agama, dalam mempersiapkan generasi bangsa yang cerdas, unggul dan kompetitif,” ujar Prof Agussani di hadapan wisudawan, tamu dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Rektor juga memaparkan berbagai capaian prestasi akademik, termasuk beberapa program studi terakreditasi unggul.

“Ada 12 program studi yang sudah terakreditasi dari A menjadi Unggul, dan UMSU selama kurun tiga tahun terakhir berhasil mempertahankan prestasinya sebagai Perguruan Tinggi Swasta terbaik secara berturut-turut di Sumatera Utara, peningkatan kerjasama dalam dan luar negeri guna menyongsong menuju World Class University di tahun 2033 mendatang,” ujar Rektor Agussani bersemangat.

Dr Busyro Muqoddas: Perguruan Tinggi Muhammadiyah Merupakan Penyemai Pimpinan Berkeadilan dan Kemanusiaan
Rektor UMSU Prof Dr Agussani, M.AP. (Foto: AS)

Lebih jauh disampaikan Prof Agussani, bahwa peningkatan kualitas dosen menjadi perhatian khusus dan mendorong para dosen untuk terus mengasah kemampuan akademiknya, untuk meraih jenjang tertinggi akademik yaitu sebagai Profesor atau Guru Besar.

“Untuk meraih prestasi tersebut, tentunya kita harus mampu meningkatkan kompetensi para dosen dengan aktif melakukan penelitian, dan mampu mengelola berbagai peluang dan tantangan masa mendatang secara baik. Sehingga ini berdampak pada institusi dan kita semakin diperhitungkan secara kualitas,” ujar Prof Agussani memotivasi.

Wisuda angkatan I tahun 2023 ini diikuti sebanyak 1.276 wisudawan, mulai jenjang magister, dokter, sarjana dan ahli madya yang tersebar di 9 Fakultas yang ada di UMSU, di antaranya Fakultas Hukum, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Agama Islam, Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Fakultas Kedokteran dan Pascasarjana.

Hadir juga Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Dr Busyro Muqoddas, Ketua Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (L2Dikti) wilayah I Sumatera Utara Prof Dr Syaiful Anwar Matondang PhD, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumatera Utara, Pimpinan Wilayah Aisyiyah Sumatera Utara, tamu dan undangan lainnya. * SN-AS