Medan  

Candra Wijaya Raih Gelar Profesor di UINSU

Candra Wijaya Raih Gelar Profesor di UINSU
Candra Wijaya. Foto:SN-amirsyam

MedanSkalanews: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) kembali melahirkan Guru Besar baru di bidang Manajemen Pendidikan Islam pada Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UINSU. Penganugerahan Guru Besar ini kepada Prof Dr Candra Wijaya MPd, membuktikan konsistensi dan keseriusan kampus itu dalam mempersiapkan dosennya menuju jenjang Akademik tertinggi berupa anugerah Guru Besar atau Profesor.

“Saya pribadi mengucapkan syukur alhamdulilah atas capaian yang saya terima sebagai Guru Besar di bidang manajemen Pendidikan Islam dari Pemerintah, dalam hal ini Kementrian Agama dan Kementerian Pendidikan Riset dan teknologi, khususnya almamater civitas akademika UINSU, Rektor dan Dekan Fakultas yang memberikan support dan tim yang sudah membantu hingga gelar akademik tertinggi ini bisa kami capai. Terimakasih untuk semuanya”, ucap Prof Dr Candra Wijaya MPd, kepada Skalanews, Jumat (22/4) di Kampus I UINSU, Jalan Sutomo Medan.

Lebih jauh Prof Candra, bahwa capaian diraihnya saat ini merupakan sebuah risiko atas seluruh pengorbanan dan totalitas dalam mempersiapkan seluruh prasyarat dalam proses pengajuan Guru Besar tersebut.

“Ternyata risiko yang dimaksudkan itu, berupa konsistensi, keseriusan dan totalitas dalam persiapan hal yang dibutuhkan,” katanya.

Menurutnya, peluang bagi para dosen terutama di UIN Sumut untuk meraih Guru Besar bukanlah sesuatu yang sulit, jika mau dijalani secara serius, konsisten, fokus dan totalitas dalam mempersiapkan seluruh syarat yang ketat.

“Insya Allah akan dapat terwujud, terutama bidang riset terkait bidang keahlian yang akan diambil itu sangat membantu kita untuk meraih gelar Guru Besar tersebut,” sambung Ketua Alumni PGA Negeri Medan angkatan terakhir tahun 1992 ini serius.

Saat ditanya berapa lama mempersiapkan menuju jenjang Guru Besar, secara implisit Prof Candra menyatakan bahwa butuh waktu paling lama tujuh bulan dalam mempersiapkan segala hal yang menjadi persyaratan secara ketat.

“Saya bersyukur bahwa keberhasilan ini tidak terlepas bantuan dari tim dalam mempersiapkan,  dan hal terpenting jurnal internasional berbasis scopus sebagai syarat mutlak, sebab selama tujuh bulan ini saya betul-betul serius mempersiapkan seluruh tahapan”, tambahnya pria kelahiran Percut ini.

Guru Besar yang diraih Prof Candra Wijaya bidang keahlian soal Manajemen Pendidikan Islam. Bahwa dengan mempersiapkan manajemen sekolah yang baik, akan berimbas bagi peningkatan kualitas keberhasilan sebuah proses pembelajaran.

“Bahwa output pendidikan itu dapat diukur dari seberapa baik perencanaan pembelajaran itu dilakukan. Mulai dari persiapan, pengorganisasian hingga evaluasi guna mengetahui seberapa bagus capaian di masing-masing satuan pendidikan, sehingga pendidik mampu dan memiliki pemahaman apa yang menjadi kendala bagi seluruh proses pembelajaran. Maka kata kuncinya bagaimana mempersiapkan segala kebutuhan pembelajaran,” kata Candra. SN-W16