Daerah  

Bupati Radiapoh Sinaga Launching Jeruk Simaloengoen

Bupati Radiapoh Sinaga Launching Jeruk Simaloengoen
Kebun jerul: Ilustrasi" Ist

SimalungunSkalanews: Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga, Selasa (19/4), melaunching pengiriman jeruk dengan Brand Simaloengoen dari Rest Area Purba Tongah, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

Launching Jeruk Simaloengoen itu dirangkaikan dengan meresmikan Pasar Murah untuk masyarakat, ditandai dengan melepas burung merpati oleh Bupati Simalungun yang didampingi  Wakil Ketua DPRD Samrin Girsang, perwakilan pimpinan OPD dan perwakilan masyarakat.

Rasa haru dan penuh suka cita terpancar di wajah Bupati Simalungun saat melepas truk pengiriman jeruk dengan Brand Simalongoen ke luar Pulau Sumatera dengan tujuan Pulau Jawa. Menandai pelepasan jeruk itu Bupati Simalungun mengangkat jeruk yang telah dikemas ke dalam truk.

Pada saat yang sama, Radiapoh juga melakukan launching alat pengering jagung yang dapat beroperasi 24 jam, dengan hasil pengeringan 1.000 ton per hari. Kemudian melakukan launching alat penggilingan kopi.

“Hari ini pertama kalinya kita mengirimkan jeruk hasil produk pertanian kita dengan nama Simaloengoen. Semoga ini menjadi tonggak sejarah bagi kita dalam menyejahterakan petani. Simalungun ini hebat, dan  pantas kita bersyukur atas momen ini. Kita bangga produk kita ada di Jakarta dengan nama yang kita miliki,” sebut Radiapoh Sinaga.

Menurutnya, Simalungun bisa lebih hebat jika ditata dan dikelola dengan baik menjadi daerah yang lebih maju.

“Akan kita ciptakan brand Simaloengoen lainnya, akan ada Bawang Simaloengoen, ada Cabai Simaloengoen dan lain sebagainya,” kata bupati.

Menyinggung alat pengering jagung,  bupati berharap alat pengering jagung tersebut dapat membantu petani dalam proses pengeringan jagung agar mempunyai nilai jual yang tinggi.

Berikutnya, dengan adanya alat penggiling kopi, bupati juga berharap akan tercipta brand Kopi di Simalungun.

“Kita juga mau produk kopi yang ada di Simalungun ini diuji kelayakannya dan kualitasnya sehingga kita memiliki nilai jual dan mampu bersaing dengan produk kopi daerah lain,” sebutnya.

Sebelumnya, Ketua Panitia A Sinaga menyampaikan bahwa acara launching tersebut dilaksanakan atas inisiatif orang yang peduli terhadap pembangunan di Simalungun.

“Kami melihat banyak aset Simalungun. Dikarenakan ada dasar ingin membangun di Simalungun, kami mencoba membuat tempat ini (rest area-red) lebih bermanfaat seperti tujuan awal tempat ini dibangun. Kami juga meminta kepada masyarakat untuk ikut mengembangkan tempat ini agar ada geliat ekonomi di Simalungun atas ini,” ujar A Sinaga.

Acara itu juga dihadiri anggota DPRD Saidah Purba, Junita Veronika Munthe, Radikalmen Saragih dan Jarusdin Sinaga. Jajaran Pemkab yang hadir antara lain Asisten Ekbang Ramadhani Purba, Kadis Pertanian Ruslan Sitepu, Kadis Hampang Robert Pangaribuan, Kadis Pariwisata Fikri Fanani Damanik, Kadis Koperasi Maruli Tambunan, Sekretaris Dinas Perindag Eva S Tambunan, Camat Purba, Bagun Siregar, Ketua Forum UMKM Rakyat dr Perma Saragih dan Dirut PD Argo Madear Darma Sipayung. SN-R