Ragam  

BLiSPI Gelar Kompetisi ISL Zona Provinsi Sumut

BLiSPI Gelar Kompetisi ISL Zona Provinsi Sumut
Foto: Ist

MedanSkalanews: Badan Liga Sepakbola Pelajar Indonesia (BLiSPI) Sumatera Utara (Sumut) bersama BLiSPI Kota Medan kembali mengelar Kompetisi Indonesia Super League (ISL) U-12 dan U-14 Tahun 2022 untuk Zona Provinsi Sumut.

Putaran pertama untuk kategori U-12 telah dilaksanakan pada 19 dan 20 Februari di Lapangan Kebun Bunga Medan dan untuk kategori U-14 akan dilaksanakan pada tanggal 1-3 Maret 2022 yang diikuti 25 SSB terbaik se-Sumut.

“BLiSPI ISL 2022 ini merupakan lanjutan kompetisi BLiSPI ISL 2022 tingkat Kabupaten Kota yang telah dilaksanakan sebelumnya oleh BLiSPI Langkat, Binjai, Medan, Deliserdang, Asahan dan Madina,” kata Ariffani, Ketua Panitia kompetisi, Minggu (28/2), di Medan.

Menurutnya, ajang ini berjenjang, dari Kabupaten dan Kota, lalu dilanjutkan ke tingkat Provinsi, dan selanjutnya Juara dari Tingkat Provinsi Sumut ini akan digodok untuk mewakili Sumut di ajang BLiSPI ISL 2022 Tingkat Nasional.

Ariffani menguraikan, harapan dari gelar kompetisi BLiSPI ISL 2002 ini dapat memajukan kompetisi persepakbolaan pelajar di Sumatera Utara dan Nasional yang sempat bagai mati suri di masa pandemi.

“Semoga kita bisa mendorong SSB kembali bergairah untuk melakukan pembinaan pada anak didik dan talenta persepakbolaan Indonesia,” kata Ariffani.

Dia juga mengungkapkan, pihaknya akan membentuk sebuah Team U-10, U-12, U-14 dan U-16 dari hasil kompetisi BLiSPI ISL 2022.

“Harapanya bisa menjadi bibit dalam memajukan persepakbolaan Sumut,” katanya lagi.

Pada bagian lain, Safril SH, Ketua BLiSPI Sumut mengatakan bahwa BLiSPI ISL 2022 merupakan Program Nasional dari Kemenpora dan PSSI bersama KONI.

“Di Tingkat Provinsi dan Kabupaten Kota menjadi bagian kerjasama dengan Dinas Pemuda Olahraga. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa BLiSPI ISL 2022 ini merupakan program yang mendukung pemerintah dalam meningkatkan kemajuan persepakbolaan Indonesia,” jelas Safril.  

Dia bertekad, membangun sebuah aplikasi berbasis IT PlayStore yang berguna untuk mendata para pemain-pemaian dari U-10 hingga U-16, berikut bersama dengan SSB yang ada di Sumatera Utara.

Fungsinya, kata dia, untuk memberikan akses pada pemain-pemain agar bisa dikenal bukan hanya di Tingkat Provinsi, Nasional akan tetapi di tingkat Internasional.

“Dunia persepakbolaan akan bisa mengetahui banyak pemain berprestasi di Sumut dengan melihat Aplikasi ini, yang kita sebut dengan aplikasi BLISPI Smart,” ujar Safril.

Dia sangat berharap, ke depan bisa menyelenggarakan BLiSPI ISL 2022 di seluruh Kabupaten dan Kota di Sumut di tahun 2022, sehingga semakin banyak talenta-talenta persepakboaan yang selama ini terpendam dan tidak tersalurkan bisa muncul dan berprestasi.

Safril menambahkan, Medan merupaan barometer dan pioner pertama dalam menyelenggarakan even BLiSPI ISL 2002. BLiSPI ISL 2002 akan membuat sistem Liga SILVER, Liga Gold dan Liga PRIMEIR sebagai tingkatan bagi kompetisi antar SSB dan Pelajar di Sumut.

“Harapan kita dunia usaha/perusahaan tersentuh hatinya untuk mau mengucurkan bantuan CSR-nya pada persepakbolaan Sumut,” katanya.

Terakhir, pada Juara yang memenangkan BLiSPI ISL 2022 Safril mengucapkan selamat dan pada yang belum menjadi juara semoga manjadi penyemangat untuk bisa lebih baik lagi di BLiSPI ISL 2023. SN-Rel