Berburu Cendera Mata Hingga Makanan Khas Lampung

Berburu Cendera Mata Hingga Makanan Khas Lampung
Suasana pasar cendramata di seputar arena Muktamar Ke 34 NU di Lampung. Foto: SN-amir syam

LampungSkalanews: Perhelatan Muktamar ke-34 Nahdlatul Ulama (NU) di Provinsi Lampung, dibanjiri ribuan peserta penggembira yang datang dari berbagai pelosok nusantara. Mereka juga mengisi waktu dengan membanjiri lapak pedagang cenndera mata di seputaran arena Muktamar.

Hangatnya suasana massa yang hadir dengan berbagai latar belakang bahasa dan suku, semakin menambah semaraknya perhelatan muktamar lima tahunan ini.

Meskipun demikian suasana di arena Muktamar NU yang berlokasi di Universitas Bandar Lampung (UNILAM) tetap aman dan kondusif, di tengah penjagaan aparat TNI-Polri dan Banser yang dikerahkan di seputaran arena Muktamar.

Hadirnya massa yang banyak ini, mengindikasikan rindunya para Kader NU dari seluruh nusantara, untuk sekadar silaturahmi antarsesama kader dan warga Nahdliyin.

“Ini sebagai bukti, bahwa warga NU kompak dan solid dalam menjaga ukhuwah, walaupun kita tahu masing-masing Kader NU yang datang di arena muktamar ini, sudah memiliki jagoan masing-masing terkait calon Ketua Umum PB NU untuk periode mendatang. Namun faktanya perbedaan pilihan itu tidak menjadikan antara sesama warga Nahdliyin terpecah”, ujar Usep Z Maulana Ismail Kader NU dari Jawa Barat kepada Media, Kamis (23/12) di Kampus Unilam.

Suasana hangat itu tampak di luar arena muktamar, puluhan stan bazar antara lain memajang cendera mata yang berada di seputaran arena Muktamar, diburu para penggembira, sekadar mencicipi makanan khas Lampung hingga berburu cendera mata yang bermotifkan suasana muktamar.

“Ini layaknya seperti pasar kaget, seluruh stan dipenuhi para penggembira muktamar yang datang dari berbagai daerah, sekadar mencari oleh-oleh saat pulang ke daerah masing-masing”, tambahnya.

Sementara itu di dalam Gedung Serba Guna Universitas Bandar Lampung, juga sedang berlangsung sidang Pleno IV, sembari menunggu proses pemilihan Ketua Umum PB NU untuk periode 2021-2026 oleh utusan dari Pimpinan Wilayah dan Cabang yang sudah diregistrasi oleh panitia. Hingga berita ini diturunkan, proses pembahasan Rapat Pleno IV masih berlangsung. SN-W16