Medan  

Azwir Agus Layak Pimpin Peradi Medan

Azwir Agus Layak Pimpin Peradi Medan
Dr Azwir Agus SH MH sangat layak memimpin Peradi Medan . fOTO: iST

MedanSkalanews: Perhimpunan Advokat Indonesia atau Peradi Kota Medan akan melaksanakan Musyawarah Daerah Peradi di Hotel Danau Toba, Sabtu(12/2).

“Dr Azwir Agus SH MH sangat layak memimpin Peradi Medan untuk periode mendatang,” sebut  Pengacara senior M Santri Azhar Sinaga SH MH, Jumat (11/2) kepada wartawan.

Dia mengungkapkan, tanpa bermaksud mengabaikan kepampuan banyak tokoh, menurut hematnya, eksistensi dan kredibelitas Azwir Agus di dunia hukum sudah tidak diragukan.

Terlebih, katanya, Azwir Agus saat ini aktif di lembaga Badan Arbitrasi Nasional Indonesia (BANI) yang menangani sengketa di luar peradilan.

“Seluruh kandidat memang memiliki kemampuan dan kelebihan masing-masing, namun bagi saya yang cukup saya kenal sosok advokat sekaliber Azwir,” ujarnya.

Informasi beredar, sejumlah nama dalam perhelatan ini menyepakati empat orang calon Ketua Peradi Kota Medan.

Kendati demikian, kata Santri Sinaga yang juga Ketua Komite Advokasi Daerah (KAD) Anti-Korupsi Provinsi Sumatera Utara (Sumut) ini juga menyebutkan, siapa pun nanti yang memimpin Peradi Kota Medan, sangat diharapkan mampu membawa perubahan bagi organisasi dan menjangkau substansi persoalan yang ada di masyarakat.

“Khususnya bagi para calon lawyer terutama yang masih studi di Kampus perlu mendapatkan bekal dan pemahaman tentang beracara, sehingga saat mereka selesai studi di Fakultas Hukum, nantinya sudah memiliki bekal untuk memasuki dunia peradilan secara nyata,” ujar Santri Sinaga.

Ditambahkannya, sangat penting program praberacara bagi para mahasiswa Fakultas Hukum yang baru lulus sebelum mereka mengikuti jenjang pendidikan profesi lanjutan.

“Sangat penting bekal yang dipersiapkan kepada adik-adik mahasiswa hukum yang baru selesai studi di Fakultas Hukum, memiliki bekal saat mengikuti jenjang Pendidikan Profesi diberikan pemahaman tentang materi beracara di pengadilan,” tambahnya.

Menurut Sinaga, salah satu program organisasi Peradi yang perlu ditata terkait pelayanan dan edukasi hukum kepada masyarakat adalah, Pembangunan kesadaran hukum sangat penting agar masyarakat memiliki pemahaman tentang hak dan kewajiban sebagai warga negara, sehingga tumbuhnya kesadaran hukum bagi masyarakat.

“Edukasi dan pendampingan hukum kepada masyarakat awan sangat penting, di samping ada LBH, ini sebagai bentuk penguatan kesadaran kolektif menuju masyarakat tertib hukum. Kita berharap poin ini bisa diagendakan sebagai program siapa pun nantinya terpilih sebagai Ketua,” tambahnya. SN-W16