Kampus  

ASKY Menjadi Wadah Pembinaan Karakter Unggul Mahasiswa

ASKY Menjadi Wadah Pembinaan Karakter Unggul Mahasiswa
Wakil Dekan III Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sumatera Utara, Dr Sahdin Hasibuan MA. Foto: Ist

MedanSkalanews: Wakil Dekan III Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara (Sumut), Dr Sahdin Hasibuan MA berharap agar Assosiation Saince and Knowledge for Young (ASKY) menjadi wadah pembinaan karakter unggul bagi mahasiswa, serta dapat dijadikan untuk melatih kemampuan manajerial dan memupuk multikompetensi.

“Kemampuan knowledge di bidang sains dan teknologi dengan beragam temuan dan analisis yang kita berharap temuan tersebut akhirnya bermanfaat bagi masyarakat, karena salah satu pilar Tri Darma Perguruan Tinggi salah satunya di bidang penelitian tersebut,” ungkap Sahdin Hasibuan, Selasa (5/10), di Medan.

Sebagaimana diketahui, mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi (Sainstek) UIN Sumatera Utara, mendirikan forum berhimpun guna mengaktualisasikan seluruh potensi mahasiswa, khususnya Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sumut, dalam wadah berhimpun bernama ASKY atau Assosiation Saince and Knowledge for Young.

“Forum ini merupakan wadah untuk mengeksplorasi seluruh potensi mahasiswa sebagai bagian pengembangan kemampuan di bidang Sains dan Teknologi serta pengetahuan lainnya,” kata Luthfi Al-Farabi, salah seorang inisiator ASKY.

Menurutnya, ASKY dibentuk dengan tujuan agar terwujudnya cendekiawan muslim yang bertakwa, dan memiliki akhlak mulia dalam pembangunan peradaban islami di lingkungan Fakultas Sainstek.

Di samping itu, katanya, ASKY diharapkan mampu membangun mahasiswa bernapaskan iman dan takwa serta memiliki kemampuan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, mahasiswa yang memiliki kompetensi.

“Berkualitas dengan didasarkan pada nilai-nilai keislaman dan memiliki kemampuan Ilmu pengetahuan dan mendorong inovasi dalam melakukan berbagai kegiatan di Fakultas”, ujar Luthfi Al-Farabi.

Didampingi tim inisiator pembentukan wadah ini di Medan, pihak Pimpinan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sumatera Utara, menyambut baik hadirnya wadah kreatif ini di Kampus. SN-W16