Kampus  

Anisa Antiwi Safitri Duta Pertukaran Pelajar di Lombok

Anisa Antiwi Safitri Duta Pertukaran Pelajar di Lombok
Foto: Ist

MedanSkalanews: Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) Medan, Anisa Antiwi Safitri dari Prodi Tadris Biologi/FITK/2017 berhasil terpilih sebagai Delegasi International Youth Leader Chapter Muslimah Day Out, batch 30 di Lombok, NTB. Anisa berangkat mewakili UINSU maju di kancah nasional melalui kegiatan pertukaran pelajar berbasis Kepemimpinan Islam yang dilaksanakan pada tanggal 22-24 Juli tahun 2021 kemarin.

“Terima kasih kepada kampus tercinta UIN Sumatera Utara, Rektor UIN Sumatera Utara, Bapak Prof Dr Syahrin Harahap MA dan Wakil Rektor III UIN Sumatera Utara, Bapak Dr Nispul Khoiri MAg dan seluruh civitas akademika yang telah mendukung penuh dan memberikan kepercayaan kepada saya untuk membawa nama almamater UINSU di kancah nasional,” katanya.

Saat bersilaturahmi dengan Dr Nisful Khoiri MA, Kamis (23/9) di ruang kerja Wakil Rektor III Jalan Pancing Medan, Anisa Antiwi Safitri mengatakan dukungan dari pihak rektorat sangat berarti dan membuat saya menjalankan program sangat optimal.

Adapun program pertukaran pelajar dari International Youth Leader ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pendidikan kepemimpinan untuk pemuda Indonesia yang berpotensi agar mandiri dan siap bersaing di kancah Internasional.

“Sebuah kehormatan bagi UIN Sumatera Utara dapat mengirimkan delegasinya pada kegiatan pemuda berskala nasional sehingga dapat memperluas koneksi Universitas dan meningkatkan citra Universitas,” ujar Dr Nisful Khoiri.

Pengalaman yang didapatkan selama mengikuti International Youth Leader akan dibagikan melalui kegiatan organisasi yang dijalani saat ini dan kesempatan yang nantinya diberikan oleh instansi tertentu. Maka, secara langsung telah melakukan capacity improvement sebagai agent of change bagi Indonesia.

Dalam program pertukaran pelajar ini, Paper presentation yang disampaikan Anisa berhasil meraih penghargaan sebagai ‘The Best Participant for a Group Presentation’. Berkolaborasi dengan timnya yang berasal dari Universitas berbeda, meliputi Universitas Sriwijaya, Politeknik Negeri Lhokseumawe, dan Universitas Hasanuddin.

Anisa Antiwi Safitri mengaku sangat bersyukur atas terpilihnya ia sebagai salah satu dari 15 delegasi terbaik dari mahasiswa Universitas terbaik se-Indonesia dalam mengikuti program International Youth Leader chapter “Muslimah Day Out” batch 30 di Lombok, NTB.

Terpilihnya mahasiswa UIN Sumatera Utara sebagai delegasi, mendongkrak sekaligus memiliki pengalaman besar dan berkemampuan effective communication dalam forum nasional.

“Semangat berprestasi untuk seluruh mahasiswa/i UINSU, untuk menjadi seseorang yang berprestasi tidak ada kata gagal dan tidak ada kata terlambat. Hanya saja kita harus mampu mengajak diri kita memaksa diri kita untuk membuat perubahan, baik perubahan diri, keluarga, lingkungan maupun kampus di mana tempat kita menempuh pendidikan,” tegas Anisa Antiwi Safitri. SN-W16 | Rel