Medan  

Alfian Hutauruk: Jejak Sejarah Ulama Menjadi Teladan Bagi Generasi Muda

Alfian Hutauruk: Jejak Sejarah Ulama Menjadi Teladan Bagi Generasi Muda
Focus Group Discussion Bedah Buku 'Jejak Jihad Ulama Sumut' di Aula Perpustakaan dan Arsip Daerah Sumatera Utara. (Foto: AS)

Bedah Buku ‘Jejak Jihad Ulama Sumut’

Medan-Skalanews | Jejak sejarah para ulama di Sumatera Utara dalam lintas sejarah panjang harus terdokumentasi secara sistematis, agar jejak-jejak sejarah peran ulama yang ada di Sumatera Utara, dapat terpotret secara jelas dan menjadi teladan bagi generasi muda bangsa.

Hal ini disampaikan Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Sumatera Utara Drs H. Alfian Hutauruk, MPd saat memberikan sambutan mewakili Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Sumatera sekaligus membuka kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Bedah Buku ‘Jejak Jihad Ulama Sumut’, di Aula Perpustakaan dan Arsip Daerah Sumatera Utara, Selasa (15/8/2023).

“Ide dasar penulisan sejarah buku ini berawal dari ide Ustaz Abdul Somad yang meminta agar jejak ulama Sumut didokumentasikan kepada Gubernur, agar generasi muda mengetahui bahwa di Sumatera Utara ternyata banyak lahir ulama besar dan memiliki ilmu agama yang mumpuni,” ujar Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Sumatera dalam sambutannya.

BACA JUGA : Ketua LP2M UIN SU: Projek KKN Mandiri Sebagai Solusi Atasi Problem Masyarakat

Lebih jauh disampaikan Alfian Hutauruk, bahwa rencana launching buku ‘Jejak Jihad Ulama Sumut’ ini direncanakan akhir Agustus di Aula Tengku Rizal Nurdin.

Alfian Hutauruk: Jejak Sejarah Ulama Menjadi Teladan Bagi Generasi Muda

“Buku ini lahir sebagai penghormatan kita kepada perjuangan para ulama di Sumatera Utara bagi pengembangan ajaran Islam dan perjuangan ulama dan tokoh Sumatera Utara lainnya melawan kolonialisme, tergambar jelas dalam buku ini,” ujarnya.

Hal yang dibahas dalam buku ini, perjuangan para ulama pada zamannya bersama orang baik lainnya yang ikut berjuang melawan penjajahan ini sebagai teladan bagi generasi muda.

“Kisah inspiratif perjuangan ulama dan tokoh lainnya tergambar secara lengkap dalam buku ini. Jadi buku ini penting untuk ditelaah dan dikaji secara akademik. Kegiatan hari ini merupakan bagian dari penyempurnaan literasi sejarah di Sumatera Utara, terutama bagi generasi muda agar tidak buta akan sejarah,” sambung kandidat Doktoral UIN SU ini.

Beberapa narasumber yang diundang untuk mengkaji dan mengulas isi buku ini di antaranya akademisi UIN SU Prof Dr H. Hasan Asari Nasution, MA, Prof Dr Hasan Bakti Nasution, MA, Dr Dahlena Sari Marbun, MEd, Ketua Ikadi Sumatera Utara Irsan Satrya Azhar, MA dan penulis Buku ‘Jejak Jihad Ulama Sumut’ Ahmadi. * SN-AS