Kampus  

Ada Sumur Tua di Kampus UIN Sutomo

Ada Sumur Tua di Kampus UIN Sutomo
Sumur tua di Kampus UIN Sutomo. Foto:amir syam

KAMPUS Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN SU) dulunya bernama Institut Agama Islam Negeri Sumatera Utara (IAINSU)  beralamat di Jalan Sutomo Ujung, Medan. Sehingga akrab disebut UIN Sutomo. Ada sumur tua di sini.

Kampus berdiri sejak tanggal 19 November 1973 diresmikan Menteri Agama Prof Dr Mukti Ali dan di masa Gubernur Sumatera Utara Mayjen TNI (Purn) Marah Halim Harahap.

Banyak orang atau para alumninya menyebut Kampus UIN (IAIN) Sumatera Utara ini dengan sebutan Kampus UIN atau IAIN Sutomo. Kampus UIN Sutomo ini merupakan Kampus I sebelum UIN Sumatera Utara berkembang seperti saat ini.

Ada hal menarik di Kampus UIN Sutomo ini, di samping masih berdirinya beberapa gedung kuliah yang dulu digunakan sebagai ruang belajar mahasiswa di era 70-an, dan kondisinya saat ini masih baik dan terawat.

Di antara bangunan lama yang masih bisa dilihat hingga saat ini seperti Gedung Marah Halim Harahap yang sekarang digunakan sebagai Laboratorium Biologi dan Gedung Kopertais Wilayah IX.

Di antara bangunan lama tersebut, ada hal menarik dan banyak orang yang melupakan. Bahwa ternyata di dalam areal Kampus yang luasnya 3,5 hektare, ada sebuah sumur tua yang dulunya merupakan sumber air yang banyak digunakan para civitas akademika pada zamannya.

Sumber air dari sumur tua tersebut hingga saat ini masih dipakai, air tetap jernih dan tidak berbau. Sumur tua ini di buat pada tahun 1973 bertepatan dimulainya penggunaan Kampus Sutomo sebagai Kampus Perguruan Tinggi Islam Negeri pertama di Sumatera Utara ini.

Sumur tua ini memiliki kedalaman lima meter dengan diameter 75 centimeter. Menurut cerita Poniman, salah seorang saksi saat itu bertugas sebagai anggota kebersihan yang mulai bertugas dari tahun 1974 hingga 2015, bahwa air sumur tua ini sejak dulu jernih dan tidak bau, bahkan hingga saat ini, sumur tua ini masih tetap dipergunakan dan airnya masih tetap jernih dan tidak berbau. Seakan airnya tidak mau kering meskipun saat kemarau, air dari sumur tua ini tetap mengeluarkan air jernih.

Hingga saat ini, keberadaan sumur tua di Kampus UIN Sutomo masih terawat dengan baik dan tetap terjaga kebersihannya. SN | amir syam